PERBANDINGAN LATIHAN SHOOTING MENGGUNAKAN SATU TANGAN DAN DUA TANGAN TERHADAP HASIL SHOOTING FREE THROW BOLA BASKET ATLET CLUB SSBC KOTA LUBUKLINGGAU

Resky Saputra, Ever Sovensi, Wawan Syafutra

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran hasil shooting free throw dalam permainan bola basket dengan menggunakan satu tangan dan dua tangan pada pemain SSBC Kota Lubuklinggau. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan mrnggunakan pendekatan quasi-experiment dengan desain pre test dan post test. Subjek penelitian yaitu pemain SSBC Kota Lubuklinggau yang berjumlah 20 orang. Selanjutnya dibagi menjadi 2 kelompok yang terdiri dari A dan B kelompok A yaitu dengan shooting menggunakan satu tangan sedangkan kelompok B shooting dengan menggunakan dua tangan, teknik penelitian ini adalah total sampling. Instrument yang digunakan tes unjuk kerja yaitu tes shooting free throw, sedangkan hasil tes tersebut dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasilnya penelitian ini menemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara latihan shooting menggunakan satu tangan dan menggunakan dua tangan terhadap hasil shooting pemain SSBC Kota Lubuklinggau. Dengan hasil thitung lebih besar dari ttabel (260 > 2,10). Dan latihan shooting free throw menggunakan satu tangan lebih efektif dari pada shooting free throw menggunakan dua tangan pada atlet SSBC Kota Lubuklinggau. Karena tingkat keefektifan hasil kedua latihan pada kelompok A sebesar 2,1 sedangkan pada kelompok B sebesar 0,3.

 

Kata-kata kunci: Bola basket, shooting free throw.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abbas, A. Z. I. (2010). Teknik Dasar Bola Basket. Jakarta: Trans Mandiri Abadi.

Adresta, R.A & Candra O. (2020). “Upaya meningkatkan hasil belajar shooting free throw bola basket melalui media audio visual”. Jurnal Muara Olahraga Vol. 2 No. 2 E-ISSN 2621-1335.

Lukyani, L., & Agustina, R. S. (2020). Buku Jago Bola Basket. Tanggerang: Cemerlang.

Martiana (2014). Dalam skripsinya “Pengaruh latihan ballhandling terhadap keterampilan menggiring bola dalam permainan bola basket siswa SMP Negeri 1 Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara”.

Maulana, F. (2015). “Perbandingan latihan set shoot pada area free throw dengan menggunakan repetisi berubah set tetap dan repetisi tetap set berubah terhadap hasil free throw pada peserta ekstrakurikuler bola basket putra SMA Negeri 1 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun 2013/2014.” Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations,4(3)1706-1713. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr.

Rubiana, I. (2017). “Pengaruh pembelajaran shooting (free throw) dengan alat bantu rentangan tali terhadap hasil shooting (free throw) dalam permainan bola basket”. Jurnal Siliwangi Vol. 3. No.2, ISSN 2476-9312.

Sandika, G. A. (2018).” Perbandingan ketepatan one hand set shoot dan two hand set shoot pada tembakan bebas (free throw) dalam permaian bola basket siswa SMA N 1 Torue.” E-JTPEHR Volume 1 Nomor 3 ISSN : 2337-4535.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alpabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005. (2007). Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Winarno. (2013). Metode Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Perpustakaan UM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.