UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD INPRES BANGKALA II KOTA MAKASSAR

Sopi Paris, Jusmawati Jusmawati, Syamsul Alam, Jumliadi Jumliadi, Muhammad Arsyam

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres Bangkala II pada mata pelajaran IPA menggunakan model Kooperatif dengan pendekatan Eksperimen.  Pendektan yang digunakan  adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) Penelitian dilaksanakan selama dua siklus yang tiap siklusnya terdiri atas 3 pertemuan. Tiap pertemuan menggunakan prosedur penelitian  terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Bangkala II berjumlah 28 siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes evaluasi, catatan lapangan dan dokumentasi sedangkan pada Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriftif dan analisis data kualitatif.  Hasil Prestasi belajar siswa melalui hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Bangkala II pada siklus I nilai ketuntasan 46,42% kategori kurang, dengan 13 siswa yang berada pada kategori tuntas dan  mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai 89,28% berada pada kategori sangat baik, dengan 25 siswa yang berada pada kategori tuntas sehingga dapat disimpulkan  bahwa dengan menggunakan model Kooperatif dengan pendekatan Eksperimensn dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Inpres Bangkala II pada mata pelajaran IPA.

 

Kata kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif , Pendekatan Eksperimen.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Jamil Suprihatiningrum.2017”Strategi Pembelajaran” Jogjakarta.AR-RUZZ MEDIA

Jusmawati, H.U., & Darwis, M. (2015). Efektivitas Penerapan Model Berbasis Masalah Setting Kooperatif dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Daya Matematis : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3 (1), 30-40.

Jusmawati, Eka Fitriana HS,2019. Manejemen Kelas, Banten: CV.AA.Rizky

Slameto. 2003 Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta

Sukmadinata. 2009 Prestasi. Jakarta Bina Aksa

Syaiful Sagala. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas

Zainal Arifin. 2011 “Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur”. Bandung:PT Remaja Rosdak


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.