PENGARUH MINAT MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD SWASTA PANGERAN ANTASARI
DOI:
https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.610Keywords:
Minat Membaca, hasil belajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar siswa, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas I yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data yang digunakan berupa angket berskala likert. Tenik analis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan miant membaca terhadap hasil belajar siswa kelas I SD Swasta Pangeran Antasari Helvetia Kabupaten Deli Serdang. Hasil pengolahan data bahwa minat membaca siswa menurut perpesi resonden mencapai 53,8% termasuk kategori kriterium sedang dan hasil belajar siswa mencapai 30,8% termasuk karegori baik. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh t hitung (7,724) > sig (0,005) maka koefisien regresi X dan Y yang diuji aadalah signifikan. Maka hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca memiliki dengan hasil belajar hal tersebut didapat dari hasil presentase hasil belajar siswa kelas I SD Swasta Pangeran Antasari.