Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis Budaya Lokal Blitar untuk Mengukur Dimensi Pengetahuan Matematika Siswa kelas V Sekolah Dasar

Miftahul Khoriyah, Wuli Oktiningrum

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan seperangkat soal matematika Hots dengan konteks budaya lokal Blitar yang valid dan reliabel untuk mengukur dimensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD, (2) mengetahui efek potensial yang muncul ketika siswa mengerjakan soal matematika Hots dengan konteks budaya lokal Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (development research) yang terdiri dari analisis, desain, evaluasi, dan revisi. Dalam pengembangan soal ini melalui empat tahapan yaitu tahapan preliminary, tahapan self-evaluation, tahapan prototyping, dantahapan field tes. Sebanyak 29 siswa SD Negeri Ngrendeng 02 yang berumur 11 tahun dan 3 pakar terlibat dalam tahap prototyping. Teknik pengumpulan data yng digunakan adalah dokumentasi, angket, hasil tes, dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan seperangkat soal  Hots matematika  sebanyak 5 butir dalam kategori konten, konteks, dan proses yang valid dan praktis untuk mengukur dimensi pengetahuan matematika siswa. Hasil analisis mengungkapkan bahwa: (1) 6,89% siswa mempunyai kemampun berfikir tingkat tinggi sangat baik; (2) 51,72% siswa mempunyai kemampuan berfikir tingkat tinggi yang baik; (3) 37,93% siswa memiliki kemampuan berfikir tingkat tinggi yang cukup; (4) 0,34% siswa memiliki kemampuan berfikir tingkat tinggi yang kurang.

Kata Kunci : Pengembangan, Soal Hots, Budaya lokal Blitar, Dimensi Pengetahuan, Matematika

 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arifin, Zaenal. 2009. Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Faisal, Rizki.(2015). Pengembangan Paket Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skill) Berdasarkan Taksonomi Bloom pada Materi Matematika Kelas VII SMP.(online)

Farihah,dkk.2018.Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Barisan dan DeretBilangan.(online) diakses pada tanggal 13 September 2019 dari Jurnal Majamath Vol 1 No. 2 (2018) https://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/294

Hamzah, Ali dan Muhlisrairi. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Wali Pers, 2014.

Laily Nur Rochman, Wisudawati Asih Widi. Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam Soal Un Kimia Sma Rayon B Tahun 2012/2013”. (online)Kaunia Vol. XI, No. 1 April 2015 ISSN dikses pda tanggal 12 September 2019

Lewy, Zulkardi, dan N Aisyah. 2009. Pengembangan Soal untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pokok Bahasan Barisan dan Deret Bilangan di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 3 No 2(online). diakses pada tanggal 12 November 2018 dari http://ejournal.unsri.ac.id.

Julianingsih, Suhesti. 2017. Pengembangan Instrumn Assesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk Mengukur Dimensi Pengetahuan IPA Siswa di SMP.(online)

Kemendikbud. 2013. Konsep Pendekatan Saintifik. Jakarta :Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu.

Martina.2017.Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pokok Bahasan Sistem Linear Dua Variabel dan Teorema Pytaghoras Kelas VII SNP Citra Samata Kabupaten Gowa.(online)

Purbaningrum,Kus Andini.2017. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Pemecahn Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal penelitian dan Pembelajaran matematika Vol 10, No 2 (2017). (online) diakses dari http;//jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2029

Rofiah,Emi, Nonoh Siti Aminah, dan Elvin Yusliana Ekawati.2013. Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika 1, No 2 (2013). (online)

Rodakarya, 2009.

Sugiyanto.tanpa tahun. Karakteristik Siswa SD. (online) diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/defaut/files/tmp/karakteristik%20Siswa%20SD.PDF

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

OECD.2015. Pisa 2015 Result in Focus. OECD Publishing. (online)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.