ANALISIS MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV DI PERPUSTAKAAN SD NEGERI UJONG PATIHAH KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA

Fitria Susanti, Febry Fahreza, Syah Mohd Hadiid Thaariq

Abstract


Abstrak: Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah minat membaca siswa kelas IV di perpustakaan SD Negeri Ujong Patihah Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya (2) Faktor apa sajakah yang menghambat dan mendukung dalam minat membaca siswa kelas IV di perpustakaan SD Negeri Ujong Patihah Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimanakah minat membaca siswa kelas IV di perpustakaan SD Negeri Ujong Patihah Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. (2) Untuk mengetahui faktor apa sajakah yang menghambat dan mendukung dalam minat membaca siswa kelas IV di perpustakaan SD Negeri Ujong Patihah Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif (descriptive research. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu guru yang menjabat sebagai ketua unit perpustakaan, dan siswa SD Negeri Ujong Patihah. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Siswa SD Negeri Ujong Patihah memiliki minat membaca yang sangat tinggi di perpustakaan, hal ini dapat dilihat berdasarkan persentase tertinggi dengan kategori “selalu” sebasar 73,0%, bahwa dengan belajar di perpustakaan memang sangat efektif untuk meningkatkan minat membaca siswa karena perpustakaan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan minat baca siswa, sebab perpustakaan merupakan jantung sebuah sekolah. Adapun faktor pendukung minat membaca siswa di perpustakaan  adalah sarana dan prasarana sekolah yang menjdi komponen penting yang mendukung minat membaca siswa di perpustakaan, adanya jadwal kunjungan perpustakaan oleh siswa yang ditetapkan langsung oleh sekolah, merupakan suatu hal yang sangat mendukung dalam meningkatkan minat membaca siswa di perpustakan, semangat guru dalam mendampingi siswa, antusias dan semangat siswa, kerjasama yang baik antar warga sekolah. Adapun faktor yang menghambat minat membaca siswa di perpustakaan adalah tidak adanya kartu kunjungan perpustakaan oleh siswa, tidak adanya staf pembantu kepala unit perpustakaan di di sekolah, mood (keadaan hati) siswa yang berubah-rubah, sifat siswa yang berbeda-beda.

 

Kata Kunci          Minat Membaca, Perpustakaan Sekolah.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anzar, Safni Febri,. & Mardhatillah. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Bina Gogik, Volume 4 No. 1.

Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Moleong. 2010. Merode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Safrizal, & Fahreza, Febri. 2019. Analisis Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Siswa Di SD Negeri Pasi Pinang, Jurnal Binagogik.

Sitepu. 2014. Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Pahrurrazi,. Kurniaman, Otang,. & Mahmud, Alpusari. 2018. Analisis Minat Baca Siswa Di Perpustakaan SDN 37 Pekan Baru, Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, Volume 2 Nomor 6.

Nova, Maria,. Aminuyati, & Okianna. 2014. Pengaruh Minat Membaca di Perpustakaan Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemasaran SMK Panca Bhakti. Jurnal Pendidikan Volume 2, No.02.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.