MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING KELAS V SD MUHAMMADIYAH 13 MEDAN PADA PELAJARAN TEMA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Suster Pomi Saragih STKIP Pangeran Antasari

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i2.604

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Hasil belajar siswa, Model pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching).

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah 13 MEDAN Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 13 MEDAN melalui model pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching). Instrumen yang digunakan berupa wawancara, Pretest dan Postest, lembar observasi guru dan siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari ketuntasan belajar siswa. Dari hasil penelitian, adanya peningkatan persentase tingkat keberhasilan aktivitas belajar siswa secara klasik pada siklu I pertemuan 1 dari 21,42% dan pertemuan 2 menjadi 50% meningkat pada siklus II pertemuan 1 menjadi 71,42% dan pada pertemuan 2 menjadi 82,14%.. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa Kelas V SD Muhammadiyah 13 Medan dapat meningkat melalui model pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching). Serta memiliki kelebihan Mengembangkan kreativitas siswa, Memupuk kerjasama antara siswa dan Menumbuhkan bakat siswa terutama dalam berbicara dan mengembangkan sikap.

Downloads

Published

2023-07-12