PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDN 015 SUNGAI PINANG

Eka Selvi Handayani, Julia Fingky Octaviani

Abstract


ABSTRAK :Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Penggunaan Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN 015 Sungai Pinang. Jenis pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas VA serta orang tua siswa dan siswa sebagai informant. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis Penggunaan Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 015 Sungai Pinang sudah cukup efektif. Tetapi banyak kendala yang dialami yaitu dimana pada pembelajaran ini ada 5 orang siswa yang tidak memiliki smartphone sehingga menghambat proses pembelajaran karena guru harus melakukan kunjungan terlebih dahulu. Kendala dalam menyampaikan materi dan keterbatasan dalam menggunakan smartphone. Tetapi orang tua ikut serta mendampingi dan membimbing anak agar dapat menyelesaikan tugas dengan mudah sehingga nilai hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 015 Sungai Pinang sudah cukup efektif.

Kata kunci : Penggunaan Smartphone ,  Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afandi Muhamad. (2013). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. UNNISSULA Press.

Asep, J., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.

Elis, R., & H.A, R. (2017). Evaluasi Pembelajaran. CV PUSTAKA SETIA.

Gammar Al Haddar. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pedoman Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. KAAFFAH LEARNING CENTER.

Nurmalasari, & Wulandari, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Tingkat Prestasi Belajar. Journal Keperawatan, 3.

Satrianawati. (2018). Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sd. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 49. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3882

Sugiyono, P. D. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF Untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. ALFABETA.

Syafaruddin, Supiono, & Burhanuddin. (2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). BUDI UTAMA.

Widiawati, & Sugiman. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. UNIVERSITAS BUDI LUHUR.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.