ANALISIS PROFESIONALITAS GURU DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PANTE CERMIN

Arliyanti Arliyanti, Agus Kistian, Mardhatillah Mardhatillah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah profesionalitas guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pante Cermin Kecamatan Pante Ceureumen. Jenis Penelitian ini bersifat deskriptif (descriptive research). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2020 pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021, lokasi penelitian adalah di SD Negeri Pante Cermin Kecamatan Pante Ceureumen. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas IV. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara dan lembar validasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah guru di SD Negeri Pante Cermin sudah termasuk dalam guru profesional karena dalam perencanaan pembelajaran khususnya dalam menyusun (RPP) sudah cukup baik, mereka menyusun RPP sesuai dengan petunjuk yang ditetapkan. Hal itu dapat dilihat pada membuat perangkat pembelajaran (RPP), pengalokasian waktu, mencantumkan sumber belajar yang akan digunakan, guru memiliki kompetensi dalam menggunakan berbagai metode dan pemilihan media yang tepat, serta pengelolaan terhadap kelas menjalankan tugasnya dengan baik secara ikhlas dan sabar dan mampu menguasai teknologi sesuai dengan pendidikannya, dan guru memiliki latar belakang pendidikan terakhir sarjana (SI).

 

Kata Kunci :  Profesionalitas Guru, Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Hamid. 2017. Guru Profesional, Jurnal Al-Falah, Vol. XVII No. 32.

Basuki & M. Miftahul Ulum. 2017. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Ponorogo: STAIN Po Press.

Cut fitriani. 2017. Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran di MTS Muhammadiyah Banda Aceh, Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Volume 5, No. 2.

Deden, Danil. 2009. Upaya Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah (Study Deskriptif Lapangan di Sekolah Madrasah Aliyah Cilawu Garut), Jurnal Pendidikan Universitas Garut Vol. 03. No. 01.

Miftahuddin. 2017. Membangun Guru Profesional Untuk Pendidikan Bermutu, Jurnal Institut Agama Islam Tribakti Kediri Volume 28, Nomor 2.

Yusutria. 2017. Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia, Jurnal Curricula Vol 2. No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.