ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA DALAM MEMBACA DAN MENULIS BUKU KARANGAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PANDEMI COVID-19 KELAS V SD KABUPATEN NAGAN RAYA

Anita Anita, Mardhatillah Mardhatillah, Syah Mohd Hadiid Thaariq

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini  bertujuan untuk  mengetahui  apakah siswa  yang hasil  belajarnya  tinggi, juga mempunyai minat belajar siswa dalam membaca dan menulis buku karangan yang baik atau sebaliknya. Teknik pengumpulan data  dengan cara observasi, wawancara, dan tes. Pernyataan  dengan  disertai  petunjuk  pengisian  untuk siswa  yang berjumlah  33 siswa. Dari  pengolahan data-data  dalam penelitian ini  diperoleh hasil  penelitian   yang  mana  hal ini  ditunjukkan oleh  hasil penelitian  ini adalah hipotesa dalam penelitian ini  telah terjawab  (terbukti)  yaitu  minat belajar siswa  dalam membaca dan menulis  buku karangan pelajaran bahasa indonesia  pada pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar siswa  diketahui bahwa   siswa  yang memiliki minat belajar siswa dalam membaca dan menulis buku karangan pelajaran bahasa indonesia pada pandemi Covid-19 sangat baik sebanyak 2 siswa dengan nilai  rata-rata 85,dengan nilai 80, selanjutnya siswa yang  memiliki minat belajar siswa dalam membaca dan menulis buku karangan pelajaran bahasa indonesia pada pandemi Covid-19  baik dengan nilai rata-rata 75, sebanyak 24 siswa dengan nilai 70 dalam membaca dan menulis buku karangan pada pandemi Covid-19 kemudian  sebanyak  9 siswa yang memiliki nilai rata-rata 65  dengan minat belajar siswa  dalam membaca dan menulis buku karangan pelajaran bahasa indonesia pada pandemi Covid-19 kurang baik dengan nilai  60 Dengan demikian  maka  dapat dikatakan  bahwa  minat belajar siswa dalam membaca dan menulis buku  karangan pelajaran bahasa indonesia  pada pandemi covid-19 kelas V SD Negeri Kuala Baroe  Kabupaten Nagan Raya dibarengi dengan  karangan cerita siswa, Bahwa hasil minat belajar siswa  yang nilainya >70 sebanyak 24 siswa dan nilainya <70 sebanyak 9 siswa.

 

Kata Kunci :

Minat Belajar SiswaMembaca, Menulis , Karangan, Pandemi Covid-19.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Djamarah,S, B.(2012). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta :PT. Rineka Cipta.

Fitriyana, N. 2020. God Spot Dan Tatanan New Normal Di Tengah Pandemi Covid-19. JIA Juni 2020. Th 21 (1):2

Arikunto,S. (2010). Membina Bahasa Indonesia Baku. Bandung : Pustaka Prima.

Susanto,A.(2013). Teori Belajar dan pembelajaran diSekolah Dasar Edisi Pertama Copyright Perpustakaan Nasional.

Wati, R., dan kistian, A.(2019).Analisisi Kemampuan Siswa Kelas V Dalam Menggunakan Kalimat Majemuk Pada Karangan di SD Negeri Keude linteung Kabupaten Nagan Raya TA 2018/2019. Bina Gogik : jurnal Ilmiah pendidikan Guru sekolah Dasar, 6 (1).

Putrayasa,(2014). Tata Kalimat Bahasa Indonesia Bandung : PT Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.