PENGARUH METODE DEBAT TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA

Siska Setianingsih, Akhwani Akhwani, Mohammad Taufiq, Sri Hartatik

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sebelum dan sesudah diterapkan metode debat untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode meta analis. Penelitian ini diawali dengan merumuskan topik yang akan diteliti, membuat rumusan masalah, dan pada tahap akhir yaitu menelusuri artikel yang relevan untuk pengumpulan data. Data tersebut diperoleh dengan cara menelusuri jurnal online melalui google scholar dengan kata kunci pencarian “pengaruh”, “metode debat”, dan “keterampilan berbicara”. Dari hasil penelusuran diperoleh sebanyak 10 artikel relevan. Data yang diperoleh diolah kembali menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis model debat dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan nilai rata-rata sebelum diterapkan metode debat sebesar 58,01 dapat meningkat sebesar 15,76 menjadi 74,07.

Kata Kunci:Pengaruh, metode debat, keterampilan berbicara.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amalia, Nadia Rizky. (2018). Pengaruh Strategi Debat Aktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V MIN 6 Bandar Lampung.

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional

Dewi, E.S; Rusdiawan, Suyanu. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Dengan Metode Debat Siswa Kelas X MA Al-Aziziyah Kapek Gunung Sari. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia. Volume 1 No. 2

Febryaningsih, G.A.K.T; Garminah, N.N; Suartama,I.K. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Debat Aktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 4 No: 1.

Hunter, J. E., Jensen, J. L., & Rodgers, R. 2014. The Control Group and Meta-Analysis. Journal of Methods and Measurement in the Social Science, 5(1), 3–21.

Khumairoh. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Debat Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V MI Misbahul Falah Duren Mekar Kota Depok.

Mahardika, Ade; Wulandari, Siti Sri. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Active Debate Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berbicara Pada KD Menerapkan Pelayanan Prima Kepada Pelanggan Kelas XI Di SMKN 1 Jombang . Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol. 07 No. 03

Megawati; Haenilah, E.Y; Supriyadi. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Debat Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V. Jurnal PGSD Unila.

Melvin L. S, (2013). Pembelajaran Active 101 Cara Belajar Siswa. Jakarta Barat: PT Indeks.

Nainggolan, Rumanti. (2017). Pembelajaran Debat Kompetitif Sebagai Pengembangan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sari, Andi Nurindah. (2018). Pengaruh Teknik Debat Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Pinrang Kabupaten Pinrang. Jurnal UNM

Simarmata, M.Y; Sulastri,S. (2018). Pengaruh Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Debat dalam Mata Kuliah Berbicara Dialektik Pada Mahasiswa IKIP PGRIPontianak. Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol. 7, No. 1.

Sriawan, & Utami, N. S. 2015. Pemetaan Penelitian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendidikan Jasmani Tahun 2013-2015. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia,82–87.

Tarigan, Henry Guntur, (2013) Berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung:Angkasa.

Zainuddin, Ni’ma. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Metode Debat Pada Siswa Kelas V SDN 09 Mattekko Kecematan Bara Kota Palopo. PiJIES: Pedagogik Journal of Islamic Elementary School. Vol.1, No.2, hal.139-150.

Zulyetti. 2014. Penerapan Metode Active Debate dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 14-21.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.