ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI SD NEGERI GUNUNG KELING
Abstract
Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter di SD Negeri Gunung Keling, untuk mengetahui langkah-langkah guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter di SD Negeri Gunung Keling, untuk mengetahui kendala-kendala apasaja seorang guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter di SD Negeri Gunung Keling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian ini bersifat deskriptif (descriptive research). Subjek dalam penelitian guru dan siswa SD Negeri Gunung Keling. Waktu penelitian pada bulan Agustus 2018. Teknik pengumpulan datanya seperti, metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Instrumen seperti: lembar observasi, lembar wawancara dan lembar dokumentasi. Data penelitian yang akan dianalisis pada penelitian ini adalah strategi guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter di SD Negeri Gunung Keling, strategi yang tepat agar dalam penanaman nilai-nilai karakter menjadi lebih mudah dan dapat sesuai dengan harapan, tujuan yang ingin dicapai. langkah-langkah guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter di SD Negeri Gunong Keling dapat dilihat dari mengidentifikasi jenis-jenis kegiatan di sekolah yang perlu dikuasai, pengembangan kegiatan, pelaksanaan kegiatan serta pihak-pihak yang terlibat sebagai pendukung terbentuknya karakter peserta didik. kendala-kendala apa saja seorang guru dalam menanamkan nilai pendidikan karakter di SD Negeri Gunung Keling dapat dilihat dari dua faktor yang menjadi kendala dalam pelaksanaan pendidikan karakter, yaitu dari luar dan dari dalam. Faktor dari luar adalah faktor yang berasal dari lingkungan sekitars iswa, pesatnya teknologi yang tidak bias dibendung di masyarakat, dan kadang bias berdampak buruk bagi perkembangan kepribadian siswa, seperti adanya tontonan-tontonan yang tidak mendidik di televisi, dan sebagainya.
Kata kunci: Analisis, Strategi Guru, Nilai Pendidikan Karakter.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdul, 2013, Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya
Ali, 2013, Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam,
Annisatul, 2013, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras
Aunillah, 2014, Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter diSekolah, Jakarta: Erlangga
Depdiknas, 2013, Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: Dirjend Dikdasmen
Fathurrohman, 2013, Pengembangan Pendidikan Karakter, Bandung: RefikaAditama
Ibnu, 2015, Dasar-dasar Metodologi Kualitatif Dalam Pendidikan, Semarang: Rajawali Press
Isna, 2014, Pendidikan Karakter, Jogjakarta: Laksana
Kunandar, 2015, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kemendiknas, 2013, Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta: Kemendiknas
Muhajir, 2014, Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif, Yogyakarta: Rake Sarasi
Muslich, 2013, Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis, Jakarta: Bumi Aksara
Sanjaya, 2013, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana
Samani, 2014, Pendidikan karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiono, 2013, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta
Syaiful, 2013, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka cipta
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.