PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI PEUREUMEUE

Ayu Mefita Sari, Dian Kristanti, Nurjannah Nurjannah

Abstract


 

ABSRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menerapkan pendekatan Whole Languange dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V SD Negeri Peureumeue. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian kelas V yang berjumlah 18 siswa, dengan 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi, lembar dokumentasi, dan lembar validasi. Hasil penelitian melalui pendekatan whole language yang digunakan di kelas V SD Negeri Peureumeue ini ternyata dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini ditunjukan dengan hasil yang diperoleh siswa, dimana pada pra siklus hanya 44,44% yang memperoleh nilai ketuntasan, kemudian pada siklus I mencapai 55,55%, hingga pada siklus II ketuntasan mencapai 88,88%. Hasil penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus.

Kata Kunci : Whole Language, Kemampuan Membaca


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anzar, F. S., & Mardhatillah, M. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016 . Jurnal Bina Gogik .

Arikunto, S, dkk. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas, 2007. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Dhieni, N. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hairuddin, dkk. (2008). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti dan Depdikbud

Hidayah, N. (2014). Pendekatan Pembelajaran Bahasa Whole Language. Jurnal Terampil.

Ismati, E., & Umaya, F. (2012). Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Kurnia, T. (2013). Penerapan Pendekatan Whole Language Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Narasi Melalui Penggunaan Permainanan Bahasa. Jurnal Antologi PGSD Bumi Siliwangi .

Kusumah, W., & Dwitagama, D. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat: PT. Indeks.

Mardhatillah, 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK pada Materi Teks Narasi di SDN 106161 Laut Dendang. Jurnal Tematik, 1(16): 78-86.

Mardhatillah, M., & Trisdania, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajarn Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SD Kelas II Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo. Bina Gogik .

Sanjaya, W. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Santosa, P. (2009). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Santosa, P, dkk. (2011). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Zulela. (2012). Pembelajaran Bahasa Indonesia Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.