PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN IPA TENTANG MORFOLOGI TUMBUHAN DI SD N UJONG PATIHAH

Ratna Sari, Nurjannah Nurjannah, Fakhrul Jamal

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Ujong Fatihah semester ganjil  tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 orang terdiri dari 24 orang kelas IV-A dan 24 orang kelas IV-B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji-T. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil akhir rata-rata siswa melalui pembelajaran model inkuiri adalah 76,67, sedangkan rata-rata siswa dengan model pembelajaran konvensional adalah 65,83. Hasil belajar siswa lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat dibuktikkan melalui hasil analisa data statistik “uji t test” diperoleh hasil ttabel = 1,714 dan dari hasil perhitungan t-test  thitung = 2,923,  sehingga thitung > ttabel yang artiya adalah Hoditolak dan Haditerima. Berdasarkan selisih tersebut mengindikasikan bahwa model pembelajaran inkuiri  berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD N Ujong Fatihah pada pembelajaran IPA tentang morfologi tumbuhan. Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis diterima.

 

Kata Kunci :

Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, IPA, Morfologi Tumbuhan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dewi, N. L., & Nyoman Dantes , W. (2013). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil belajar IPA. Journal program pascasarjana Universitas pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar , Volume 3 tahun.

Harahap, A. R., & Jurubahasa Sinuraya. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas x SMA Swasta Al Ulum Medan T.P 2013/2014 . Jurnal Inpati, Vol.2, No.3, Agustus 2019.

Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siwa SD. Jurnal Ilmiah Guru"COPE", Vol. No. 01/TahunXVIII/Mei.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan , Vol. 1 No. 1

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Untuk Meningkatkan Academik Skill Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan kebudayaan , Scholaria. Vol. 6. No.3. September 2019.

Ratni Purwasih, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Tematis dan Self Confidence Siswa MTs Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri . Jurnal Ilmiah STKIP Siliwagi Bandung, Volume 9, Nomor 1, Maret 2019.

Rohwati, M. (2012). Penggunaan Educetion Gema Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Klasifikasi Makhluk Hidup . Juernal Pendidikan , JPII (1).

Sugiono. (2017). Statiktika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.