PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PEMBELAJARAN IPA TENTANG MORFOLOGI TUMBUHAN DI SD N UJONG PATIHAH

Ratna Sari, Nurjannah Nurjannah, Fakhrul Jamal

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Negeri Ujong Fatihah semester ganjil  tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 orang terdiri dari 24 orang kelas IV-A dan 24 orang kelas IV-B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji-T. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil akhir rata-rata siswa melalui pembelajaran model inkuiri adalah 76,67, sedangkan rata-rata siswa dengan model pembelajaran konvensional adalah 65,83. Hasil belajar siswa lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat dibuktikkan melalui hasil analisa data statistik “uji t test” diperoleh hasil ttabel = 1,714 dan dari hasil perhitungan t-test  thitung = 2,923,  sehingga thitung > ttabel yang artiya adalah Hoditolak dan Haditerima. Berdasarkan selisih tersebut mengindikasikan bahwa model pembelajaran inkuiri  berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD N Ujong Fatihah pada pembelajaran IPA tentang morfologi tumbuhan. Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis diterima.

 

Kata Kunci :

Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, IPA, Morfologi Tumbuhan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dewi, N. L., & Nyoman Dantes , W. (2013). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil belajar IPA. Journal program pascasarjana Universitas pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar , Volume 3 tahun.

Harahap, A. R., & Jurubahasa Sinuraya. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas x SMA Swasta Al Ulum Medan T.P 2013/2014 . Jurnal Inpati, Vol.2, No.3, Agustus 2019.

Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siwa SD. Jurnal Ilmiah Guru"COPE", Vol. No. 01/TahunXVIII/Mei.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan , Vol. 1 No. 1

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Untuk Meningkatkan Academik Skill Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan kebudayaan , Scholaria. Vol. 6. No.3. September 2019.

Ratni Purwasih, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Tematis dan Self Confidence Siswa MTs Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri . Jurnal Ilmiah STKIP Siliwagi Bandung, Volume 9, Nomor 1, Maret 2019.

Rohwati, M. (2012). Penggunaan Educetion Gema Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Klasifikasi Makhluk Hidup . Juernal Pendidikan , JPII (1).

Sugiono. (2017). Statiktika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.