HARMONI PENGETAHUAN DAN SIKAP TOLERANSI PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SDI SAROJA SURABAYA

Nurul Ramadhaniar, Akhwani Akhwani, Thamrin Hidayat, Mohammad Taufiq

Abstract


Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap toleransi pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV di SDI Saroja Surabaya.Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IVA yang berjumlah 31 siswa, Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan metode korelasi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan angket.Validasi penelitian ini adalah dosen ahli bidang pendidikan. Setelah mendapatkan hasil dari validasi, data diolah oleh peneliti menggunakan menggunakan program SPSS. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi dengan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan termasuk kategori amat baik sebesar 66%, sikap toleransi termasuk kategori baik sebesar 87%. Pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan memiliki hubungan positif yang ditunjukkan oleh hasil uji korelasi pearson pada nilai correlation pearson sebesar 0,558 yang berarti 0,558 ≥ 0,01. Hasil taraf signifikan sebesar 0,01 (0,01<0,05). Pada hasil penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan Pendidikan Kewarganegaraan danSikapToleransisiswayang menunjukkan hasil termasuk dalam kategori sedang yaitu pada nilai correlation pearson sebesar 0,058 (0,40 - 0,60).

Kata-kata kunci: Pendidikan Kewarganegaraan,,Sikap Toleransi.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akhwani, (2018). Studi Sikap Toleransi Mahasiswa FKIP UNUSA. Surabaya.

Arikunto, (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hariyanto & Muchlas, (2012). Pendidikan Karakter. Surabaya: Rosda.

MYaumi, (2015). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenamedia Group.

Najib &Sulhan, (2011). Pengembangan Karakter dan Budaya Bangsa. Surabaya. PT Jepe Press Media Utama.

Nursalam, (2014). Manajemen keperawatan aplikasi dalam praktik keperawatan profesional edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.

Parmi &Supinah, (2014). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendiknas.

Rubiyanto, (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sapriya, Saripudin Udin, Winataputra, (2012). Materi dan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sapriya&Wahab, (2013). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2017). Metode P enelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

S Jujun &Suriasumantri, (2017). Filsafat Ilmu. Jakarta: Pestaka Sinar Harapan.

S Notoatmodjo, (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan.Kompetensi dan Pratiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Thomas&Lickona, (2013). Pendidikan Karakter. Bantul: Kreasi Wacana.

Tine Jenita &Donsu, (2017). Psikologi Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tukiran &Taniredja,. (2015). Pendidikan Kewrganegaraan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Bandung: Alfabeta.

Ubaedillah, (2015). Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education), Pancasila, Demokrasi, dan Pencegahan Korupsi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wawan A&M Dewi, (2012). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia.Cetakan II. Yogyakarta: Nuha Medika.

Winarna &Susanto, (2013). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.

Winarno, (2013). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan tinggi. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.