EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN KNOW WANT TO KNOW LEARNED (KWL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV SD NEGERI UJONG FATIHAH NAGAN RAYA

Nova Wardah, Febry Fahreza, Cut Eva Nasryah

Abstract


ABSTRAK: Kebanyakan dari siswa kelas IV SD Negeri Ujong Fatihah Nagan Raya kurang antusias dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang kurang memperhatikan pada saat guru menyampaikan materi. Salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah cara penyampaian materi yang dilakukan oleh guru masih monoton, sehingga membuat siswa merasa bosan dan tidak jarang siswa yang jatuh nilainya pada saat diadakan evaluasi hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran Know Want to Know Learned (KWL) terhadap hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan di Kelas IV SD Negeri Ujong Fatihah Nagan Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran Know Want to Know Learned (KWL) adalah 79,2% atau 19 siswa yang sudah tuntas, sedangkan yang tidak tuntas hanya ada 5 siswa atau 20,8% dengan nilai rata-rata siswa yang diperoleh adalah 76,46. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Know Want to Know Learned (KWL) efektif digunakan terhadap hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Fatihah Nagan Raya pada tema indahnya kebersamaan.

 

Kata Kunci :

Efektifitas, Know Want to Know Learned, Hasil Belajar Siswa, Indahnya Kebersamaan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, B. 2013. Guru Profesional (Menguasai metode dan Terampil Mengajar). Bandung : Alfabeta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. 2010. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah & Zain. 2012. Strategi Belajr Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Erwinsyah, A. 2017. Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 5, Nomor 2. Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo. Diakses tanggal 15 Maret 2019.

Jafrizal. 2013. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris melalui Teknik KWL dan Permainan Bahasa. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan. Lampung: FKIP Unila. Diakses tanggal 15 Maret 2019.

Kiranawati. 2011. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Jurnal HUMANIS, Vol. 6, No. 2, Juli 2014: 141—146. Universitas Terbuka. Jakarta. Diakses tanggal 15 Maret 2019.

Muhaimin & Mujib, A. 2016. Strategi Belajar Mengajar Penerapannya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Surabaya: Citra Media.

Mustakim. 2014. Membina Kemampuan Berbahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurhadi. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Santoso, A.B. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran KWL (Know, Want, Learn) Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya. Diakses tanggal 15 Maret 2019

Sudijono. 2013. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.