PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI PEUREUMEUE KECAMATAN KAWAY XVI

Mira Safrida, Agus Kistian

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri Peureumeue sebanyak 18 (delapan belas) siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data : observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Peureumeue. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 44,44% menunjukkan adanya peningkatan namun belum mencapai indikator yang ditentukan karena masih berada pada kriteria tidak baik dan pada siklus II sebesar 94,44% berada pada kriteria baik. Jadi kesimpulan  pembahasan adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) memiliki dampak positif terhadap hasil belajar siswa, hal ini dapat kita lihat dari nilai siswa yang semakin meningkat setelah diterapkannya model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPA materi Pembuatan Makanan Pada Tumbuhan Hijau.

 

Kata Kunci : Penerapan model Problem Based Learning (PBL), Pelajaran IPA, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amir, M Taufiq. 2013. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, S, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Penelitian Praktik. Edisi revisi

VI Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

Arnyana, Ida Bagus Putu. 2006. Perencanaan dan Desain Model-Model Pembelajaran. Singaraja. Jurusan Pendidikan Biologi. FPMIPA UNDIKSHA.

Azharian. 2016 “Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Metode Demmonstrasi Pada Siswa Kelas V SDN 13 Meulaboh” Aceh Barat : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa. Skripsi.

Damsar. 2012. “Pengantar Sosiologi Pendidikan”. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Darmodjo. 2008. Evaluasi Pembelajaran : Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Daryanto, 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas, 2006. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Daryanto, Suyatri D 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati dan Mudjiyono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: jakarta.

Eggen, P. dan Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Jihad, A. dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Kasful, A. Dkk. 2011. Perencanaan Sistem Pembelajaran. Penerbit: Alfabeta.

Purba, Edward dan Yusnadi. 2014. Filsafat Pendidikan. Medan: Unimed Press.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT raja Grafindo Persada.

Rusmono. 2014. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor : Penerbit Ghalia Indone Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Menteri Pendidikan Nasional. Diakses pada tanggal 05 Maret 2016 dari http://bsnpindonesia.org/id/wpcontent/upl oads/isi/Permen_22_2006.pdf.

Samatowa. 2006. Pengembangan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang Tua. Jakarta: Grasindo.

Sanjaya, W. 2007. Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saryono. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

S


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.