ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SD NEGERI 3 TEUNOM

Dian Kistanti

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskrmatematikaikan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika di Kelas III SD Negeri Teunom Kabupaten Aceh Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis Penelitian ini bersifat deskriptif (descriptive research). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Teunom Kabupaten Aceh Jaya Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru kelas III SD Negeri Teunom. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar validasi. Hasil dari penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah, hasil penelitian dan pembahasan berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas merupakan proses belajar mengajar yang mencakup baik indera pendengaran maupun indera penglihatan. Di mana dalam proses belajar mengajar selain menyampaikan materi guru juga dituntut untuk mengintegarasikan nilai-nilai karakter pada setiap materi pembelajaran dan pada setiap mata pelajaran. Oleh karena itu siswa diharapkan nantinya memiliki kemampuan tidak hanya pada aspek kognitif semata, tetapi siswa juga memiliki kemampuan dalam aspek psikomotorik dan aspek afektif. adapun nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika adalah nilai karakter religius, nilai karakter disiplin, nilai karakter demoktaris, nilai karakter rasa ingin tahu, nilai karakter semangat kebangsaan, nilai karakter toleransi, nilai karakter, nilai karakter gemar membaca, dan nilai karakter tanggung jawab.

 

 

Kata-kata kunci: analisis, pendidikan karakter, matematika.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bishop, A. J., Stieg Mellin-Olsen, and Joop

van Dormolen. 1991. Mathematical Knowledge: Its Growth 124

Dewantara, Hajar, Ki. 2011. Karya Bagian II Kebudayaan. Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa, Yogyakarta.

Fadillah & Lilif. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hadari, Nawawi. 2017. Metode Penelitian Bidang Matematika. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Ibnu. 2015. Dasar-dasar Metodologi Kualitatif Dalam Pendidikan, Semarang: Rajawali Press.

Kemdiknas. 2010. Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di. Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: Direktorat PSMP Kemdiknas.

Milles & Michael, Huberman. 2010. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru). Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Nurjannah. 2018. Analisis Strategi Guru Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Di SD Negeri Gunong Keling, Jurnal Bina Gogik, Volume. 4 No 2.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar, Surakarta: Pustaka Belajar.

Sukmadinata, Syaodih, Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Tindakan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suyanto. 2010. Metode Penelitian Sosial, Jakarta: Prenada Media Group.

Sjarkawi. 2016. Pembentukan Kepribadian Anak, Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.