IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR

Sugito Sugito

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan analisis studi pustaka tentang implementasi pendidikan multikultural pada lembaga pendidikan dasar. Sumber pengambilan materi dalam penelitian ini adalah dengan menganalisa literatur primer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan multikultural pada lembaga pendidikan dasar adalah terciptanya suasana pembelajaran yang kondusif dikarenakan materi pembelajarannya mengajarkan saling menghargai, toleransi dan demokrasi terhadap perbedaan yang ada dan muatan kurikulum multikultural terintegrasi dengan pembelajaran seperti pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Implementasi Pendidikan Multikultural dilakukan dengan memberikan contoh teladan dari guru tentang saling menghargai. Adapun metode yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai multikultural kepada siswa adalah dengan cara mengajar dengan bahasa yang santun dan tidak pernah menyinggung isu sensitif yang berkaitan dengan perbedaan agama dan suku. Dengan demikian maka pendidikan multikultural berdampak positif bagi sikap toleransi siswa.   Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Multikultural, Pendidikan Dasar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abidin, Zainal (Ed). Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Multikulturalisme. Jakarta: Balitbang Agama Jakarta, 2006.

Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi ke III. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Hasyim H.A. Dardi dan Yudi Hartono. Pendidikan Multikultural di Indonesia. Surakarta: UNS Press, 2009.

Kendall, Frances E. Diversity in Classroom a Multicultural Approach to the Education of Young Children. New York: Teacher College Press, 1983.

Maksum, Ali dan Luluk Yuan Ruhendi. Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post-Modern. Yogyakarta: Ircissod, 2004.

Ma’arif, Syamsul. Pendidikan Pluralisme di Indonesia. Yogyakarta: Logung Pustaka, 2005.

Mustaqim, Muhammad dan Hikmatul Mustaghfiroh. “Pendidikan Islam Berbasis Multikulturalisme” dalam Addin, Vol. VII, 2015.

Ngainun Naim dan Ahmad Sauqi. Pendidikan Multi Kultural: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-ruzz Nesia, 2008.

Rembangy, Mustafa. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga, 2005.

Rohidi. Pendidikan Seni Multikultural, dalam Kompas, 23 September 2012.

Salmiwati. “Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Nilai-nilai Multikultural” dalam Al-Ta’lim, Vol. XX, 2013.

Sudirman. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Yaqin, Ainul. Pendidikan Multikultural: Cross Cultural Understanding Untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media, 2005.

Zuhairini. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional, 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.