PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD SWASTA PANGERAN ANTASARI MEDAN t.a. 2019/2020

Saut M Simamora

Abstract


Abstrak: Akar masalah dalam penelitian ini adalah kenyataan bahwa guru  cenderung belum memaksimalkan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, guru masih jarang memberikan LKS kepada siswa, LKS yang ada hanya siap pakai dan sangat minim proyek/kegiatan siswanya, guru cenderung belum menggunakan pendekatan berbasis proyek, aktivitas siswa dalam pembelajaran tergolong monoton, dan siswa kurang terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis proyek yang layak dan valid serta efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Dick and Carey. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SD Swasta Pangeran Antasari Medan kelas V. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis proyek. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validasi LKS, lembar validasi tes hasil belajar, tes hasil belajar dan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi dan bahasa, menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan di lapangan dengan revisi dan valid, sedangkan validasi ahli desain pembelajaran menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan layak digunakan di lapangan tanpa revisi dan valid; dan (2) berdasarkan uji coba lapangan, LKS dapat dinyatakan efektif. Hal tersebut berdasarkan: (i) persentase ketuntasan klasikal meningkat yaitu 89,66 %, dari 29 siswa yang mengikuti tes; (ii) ketercapaian tujuan pembelajaran (TPK) tercapai; (iii) respon siswa positif; dan (iv) presentase waktu belajar efektif. Tingkat keefektifan LKS berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan gain score adalah sedang.

 

 

Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Hasil Belajar, Sifat - Sifat Cahaya


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Kistian, Agus, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, Vol. 5, No. 2, 2018.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Maisaroh, Rostieningsih. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di Smk Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Volume 8 Nomor 2. November.

Poerwadarminta. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sabri, A. 2005. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Quantum Teaching.

Sudjana. 2007.Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto, 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

, 2009. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahidmurni, dkk. (2010:18). Evaluasi Pembelajaran. Yogjakarta. Nuha Litera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.