PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA DI KELAS V SD PERMATA AMANDA MEDAN

Amir Danis

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi pembelajaran mencari pasangan dan kekuatan dua kepala terhadap hasil belajar; (2) Pengaruh gaya belajar auditori dan kinestikterhadap hasil belajar IPS siswa; (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS siswa.Penelitian ini dilaksanakan di Permata Amanda Medan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar IPS dan lembar observasi gaya belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kekuatan dua kepala lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran mencari pasangan (Fhitung = 4,65> Ftabel = 3,96); (2) Hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan gaya belajar auditori lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang diajar dengan gaya belajar kinestik (Fhitung = 7,97 >Ftabel = 3,96); dan (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa (Fhitung = 4,47> Ftabel = 3,96). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kekuatan dua kepala lebih baik digunakan untuk membelajarkan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi sedangkan strategi pembelajaran mencari pasnagan baik digunakan kepada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar.

 

Kata kunci : Strategi Pembelajaran,Gaya Belajar dan Hasil Belajar IPS


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aswani, S.K. & Wijaya, C, 2006. Metodologi penelitian keuangan: Prosedur, ide dan kontrol (edisi 1), Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Ayuningtyas, Dita Charisma dan Faisal Affandi, 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif dengan Metode Pembelajaran The Power of Two dan Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sale,Seminar Nasional Second Lontar Physics Forum Semarang. LPF1308-1 : LPF1308-4.

Benny, A., 2009.Model Desain Pembelajaran. Jakarta : Dian Rakyat.

De Porter, Quantum Teaching, (terj.Ali Nilandari),2003, Bandung : Kaifa.

Gunawan, Adi W, 2006. “Genius Learning Strategi”. Jakarta : Pustaka Utama.

Kistian, Agus, 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, Vol. 5, No. 2, 2018.

Samlawi, Fakih dan Bunyamin, Maftuh, 1999. Konsep Dasar IPS. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sanjaya, Wina, 2008.Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan KTSP, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Somantri, Numan Muhammad, 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Udin S Winataputra, 1995. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.

Warsita, Bambang, 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Zaini, Hisyam dkk, 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.