EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI SEKOLAH DASAR

Maulid Anwar Sidiq

Abstract


Abstrak: Penelitian ini didasarkan pada apakah penggunaan media gambar berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa, karena tidak dapat dipungkiri pada zaman saat ini anak lebih tertarik pada game di internet dibandingkan dengan materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar efektif dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa di sekolah dasar. Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPS siswa di sekolah dasar. Rumusan masalah yang dapat diajukan penulis yaitu tentang apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media gambar merupakan media yang paling tepat untuk digunakan dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini berupa penelitian meta analisis, jadi penulis harus menggabungkan atau mengkaji dari beberapa hasil penelitian yang dilakukan orang lain dengan masalah yang sama. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa Sekolah Dasar (SD). Analisis data yang diguanakan berupa data kuantitatif dan data kualitataif.  Hasil penelitian meta analisis menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa sekolah dasar menggunakan media gambar. Dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa maupun guru dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci:Media gambar, hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.



Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Albar. (n.d.). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Tonggolobibi Kabupaten Donggala. Jurnal Kreatif Tadulako Onlin, 26-40.

Apon, H. T. (2014). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SD .

Chalimah, S. (2012). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN .

Elpis. ( 2017). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN 010 JAYA MUKTI . Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau , 610.

Endayani, H. (2017). PENGEMBANGAN MATERI AJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosil.

Mirnawati. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN I Tonggolobibi . Jurnal Kreatif Tadulako Online.

Muhammad Idris, A. P. (2013). Pemanfaatan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Salabenda . Jurnal Kreatif Tadulako Online .

Yuswanti. (2013). Pengunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala . Jurnal Kreatif Tadulako Online .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.