PENGGUNAAN SMARTPHONE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SDN 015 SUNGAI PINANG

Authors

  • Eka Selvi Handayani Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Julia Fingky Octaviani Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v8i1.296

Keywords:

Penggunaan Smartphone , Hasil Belajar.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Penggunaan Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa di SDN 015 Sungai Pinang. Jenis pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas VA serta orang tua siswa dan siswa sebagai informant. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisis Penggunaan Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 015 Sungai Pinang sudah cukup efektif. Tetapi banyak kendala yang dialami yaitu dimana pada pembelajaran ini ada 5 orang siswa yang tidak memiliki smartphone sehingga menghambat proses pembelajaran karena guru harus melakukan kunjungan terlebih dahulu. Kendala dalam menyampaikan materi dan keterbatasan dalam menggunakan smartphone. Tetapi orang tua ikut serta mendampingi dan membimbing anak agar dapat menyelesaikan tugas dengan mudah sehingga nilai hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN 015 Sungai Pinang sudah cukup efektif.

Downloads

Published

2021-03-01