ANALISIS PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA GURU DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI GUNUNG KELING

Ayu Maisari, Febry Fahreza, Dian Kristanti

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis penggunaan smartphone pada guru dalam proses kegiatan belajar mengajar di SD Negeri Gunung Keling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif (descriptive research). Subjek dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri Gunung Keling. Waktu penelitian pada tanggal 27 Agustus sampai dengan15 September 2018. Teknik pengumpulan datanya seperti: observasi, angket, wawancara dan validasi. Instrumen seperti: lembar observasi, lembar angket, lembar wawancara dan lembar validasi. Berdasarkan hasil yang di peroleh peneliti bahwa penggunan smartphone di SD Negeri Gunung Keling termasuk dalam kategoritinggi. Hal ini dikuatkan dari hasil penggunaan smartphone dari 25 responden yang dalam sehari yang dilakukan responden terbanyak 2 jam dengan jumlah responden 20 responden (80%), 4 jam dengan jumlah responden 5 responden (20%), 6 jam dengan jumlah tidak ada responden, 8 jam tidak adaresponden dan 10 jam tidak ada responden.


Full Text:

PDF

References


Afifah. 2015. Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Aktifitas Kehidupan Siswa. Riau: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. Jurnal Fisip Vol. 2 No. 2

Ameliola. 2013. Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. Malang :Universitas Brawijaya. Joural Keperawatan. Volume 3. Nomor 2.

Bambang Warsita. Teknologi Pembelajaran: Landasandan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Eko. 2013. Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hanika. 2015. Fenomena hubbing Di Era Milenia (Ketergantungan Seseorang Pada Smartphone Terhadap Lingkungannya). Jurnal Interaksi.

Haryanto. 2014. IPA Kelas IV SD. Jakarta: Erlangga.

Husaini. 2013. ManajemenTeori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Maria. 2013. Penilaian Sistem Komunikasi. Semarang: Biro Planologi UNDIP.

Mayasari. 2012. Pengaruh Kesadaran Moral Siswa, Lingkungan Keluarga dan Linkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Sikap Tanggung Jawab. Bandar Lampung: FKIP Unila.

Moon. etal. 2016. Antioxidant Assays for Plant and Food Components.Journal of Agriculturaland Food Chemistry. 57:1655-1666

Parmuarip, Muslim & Mulyani. 2012. Alasan Penggunaan Smartphone Di Kalangan Mahasiswa. Bandung: Teknik Komputer dan Informatika Politeknik Negeri Bandung.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahadi & Zainal. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen PendidikanNasional.

Regina dan Adi. 2015. Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Dengan Disiplin Belajar Siswa.Yogyakarta: Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi.

Resti. 2015.“Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah”. INVOTEC/Vol. IX, No.2. 165-178.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu: untuk meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sharen dan Iis. 2015. Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Perilaku Komunikasi. Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom. Jurnal Sosioteknologi. Volume 14.Nomor 2.

Sudjana. 2013. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suprijono. 2014. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Yunita. 2015. Anggaran Bisnis. Yogyakarta: UPP STIM.

Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.