BELAJAR SAMBIL BERMAIN DALAM MENINGKATKAN PSIKOMOTORIK ANAK TK DI SEKOLAH MAITREYAWIRA

Authors

  • Ong Cin Siu Pendidikan Keagamaan Buddha, STAB Bodhi Dharma
  • Lisniasari Pendidikan Keagamaan Buddha, STAB Bodhi Dharma
  • Lita Wijaya Pendidikan Keagamaan Buddha, STAB Bodhi Dharma

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.168

Keywords:

Belajar Sambil Bermain, Psikomotorik

Abstract

Ketika anak tampak tidak mau melakukan gerakan tertentu atau memutuskan untuk tidak bergerak pada tempatnya, serta dalam interaksi proses pembelajaran yang dilakukan oleh instruktur di Sekolah Maitreyawira, maka perkembangan psikomotorik anak dapat dimanfaatkan sebagai tolok ukur. Penelitian ini melihat bagaimana siswa TK B Sekolah Maitreyawira di Deli Serdang dapat meningkatkan kemampuan psikomotoriknya melalui bermain dan belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan belajar sambil bermain di Sekolah Maitreyawira Deli Serdang sangat baik karena instrukturnya telah melakukan pekerjaan yang baik dalam menerapkan prinsip-prinsipnya. Bermain adalah salah satu dari berbagai strategi pengajaran yang dapat digunakan dengan siswa TK B. Bagi anak-anak, belajar sambil bersenang-senang mungkin menyenangkan. Bagi anak-anak, bermain adalah kegiatan yang serius namun menyenangkan. Salah satu metode dalam melakukan kegiatan pendidikan bagi siswa TK B adalah melalui bermain. Anak-anak dapat bermain game dengan cara yang menyenangkan dengan menggunakan teknik, metode/materi, dan media yang menarik. Masing-masing strategi pengajaran ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun aspek yang paling krusial dalam bermain adalah harus disesuaikan dengan bakat dan minat siswa TK B. sehingga tujuan pendidikan bagi siswa TK B dapat tercapai dengan sebaik-baiknya.

Downloads

Published

2023-03-31