KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN HOTS SISWA DI SD INPRES MANGGALA

Authors

  • Kamsinah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky
  • Eka Fitriana HS Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky
  • Satriawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky
  • Jusmawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.163

Keywords:

Komparasi, Problem Based Learning, Discovery Learning, HOTS.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan keefektifan model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran discovery learning ditinjau dari kemampuan HOTS Siswa di SD Inpres Manggala, melalui pelajaran matematika kelas IV Siswa SD Inpres Manggala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen serta desain penelitian yaitu quasi eksperimental design (nonequivalent control group design) dengan sampel kelas IV A yang terdiri dari 33 siswa dan IV B terdiri dari 35 siswa dengan memperhatikan beberapa kriteria tertentu dalam pemilihannya. Instrument penelitian yang digunakan, yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, angket dan tes hasil belajar, begitupun dengan teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, angket dan tes yang ditinjau berdasarkan kemampuan HOTS siswa. Setelah melakukan analisis peneliti menemukan perbedaan, yaitu untuk aktivitas siswa pada model pembelajaran problem based learning 3.6 sedangkan untuk model pembelajaran discovery learning 3.5 respon siswa untuk model pembelajaran problem based learning 3.5 sedangkan untuk model pembelajaran discovery learning 3.0. Hasil belajar untuk model pembelajaran problem based learning 3.6 sedangkan untuk model pembelajaran discovery learning 3.5 (sangat baik). Jadi melalui hasil analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model problem based learning terbukti sangat efektif ditinjau dari kemampuan HOTS Siswa SD Inpres Manggala dengan skor 3.6 (sangat efektif) sedangkan model discovery learning hanya mendapatkan skor 3.4 (cukup efektif).

Downloads

Published

2023-03-31