PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN MENGGUNAKAN APLIKASI POWTOON UNTUK SISWA SMP

Authors

  • Indika Aprillia Fitriana Pendidikan Matematika, Universitas Sjakhyakirti
  • Andinasari Pendidikan Matematika, Universitas Sjakhyakirti
  • Mursyida Pendidikan Matematika, Universitas Sjakhyakirti

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.149

Keywords:

pembelajaran matematika, aplikasi powtoon, himpunan

Abstract

Hasil belajar matematika yang rendah salah satu penyebabnya adalah kurang tepatnya pemilihan media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Faktor media pembelajaran merupakan faktor utama  yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa untuk materi himpunan di SMP Negeri 43 kelas VII dengan menggunakan aplikasi powtoon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Pembelajaran berbantuan aplikasi powtoon digunakan dan hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran berbantuan aplikasi powtoon untuk materi himpunan diperoleh dari post-test 75% siswa yang menjawab dengan nilai mencapai KKM. Sehingga pembelajaran berbantuan media aplikasi powtoon menjadi media efektif yang dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar serta memberikan motivasi siswa dalam pembelajaran pada materi himpunan.

Downloads

Published

2023-03-31