KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS I SD TUNAS HIDUP HARAPAN KITA KOTA TEGAL

Authors

  • Nindhita, L. N Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Andaryani, E. T Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Astuti, T Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang
  • Yulianto, S Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.61290/pgsd.v10i1.14

Keywords:

Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Project Based Learning, Seni Tari.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil dan motivasi belajar siswa kelas 1 di SD Tunas Hidup Harapan Kita Kota Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu satu kelas eksperimen yang menerapkan model Project Based Learning dan satu kelas kontrol yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Setiap kelas terdiri dari 17 siswa. Data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar yang dilakukan sebelum dan setelah perlakuan. Data motivasi belajar diperoleh melalui angket motivasi belajar yang diberikan pada siswa setelah perlakuan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-T test SPSS V23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi (0,000 < 0,05), dan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol (0,000 < 0,05), dengan nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model project based learning efektif dalam meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa di sekolah menengah atas. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menerapkan model pembelajaran ini dalam proses pembelajaran di kelas.

Downloads

Published

2023-03-29