MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM PENINGKATKAN LITERASI PESERTA DIDIK DI PERPUSTAKAAN MAN 1 LHOKSEUMAWE
Keywords:
Manajemen Perpustakaan, Literasi Peserta didik.Abstract
Peningkatan kualitas sumber daya manusia terus-menerus dilakukan melalui pendidikan di dalam maupun di luar sekolah. Salah satu sarana yang strategis dalam meningkatkan sumber daya manusia terutama dalam hal literasi adalah perpustakaan. Perpustakaan MAN 1 Lhokseumawe sudah tergolong kedalam salah satu perpustakaan digital, sistem pelayanan perpustakaan sudah memakai sistem digital atau disebut perpustakaan digital. Sistem peminjaman buku sudah memakai cara scanning barcode tidak lagi memakai cara manual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan perpustakaan dalam peningkatan literasi peserta didik di MAN 1 Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala perpustakaan, staf perpustakaan selaku pembina klub literasi dan peserta didik MAN 1 Lhokseumawe. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Perencanaan yang dilakukan pihak perpustakaan dalam peningkatan literasi peserta didik di MAN 1 Lhokseumawe, sebagai berikut. Pertama, tahap pembiasaan membaca al-quran dan juga membaca buku, Kedua, pembentukan klub literasi. Dan ketiga, mengadakan kegiatan - kegiatan atau program kegiatan yang berkaitan dengan literasi. (2) pelaksanaan strategi perpustakaan yang dilaksanakan yaitu; Pertama, membuat program kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan literasi. Kedua, mengorganisasikan pertanggungjawaban setiap program kegiatan yang sudah dibuat. Dan Ketiga, menjalakan program. (3) Kendala yang dihadapi pihak perpustakaan dalam peningkatan literasi peserta didik ialah kurangnya tenaga perpustakan (SDM) dan sarana prasarana yang masih belum memadai.