PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDI ENDE 16

Authors

  • Yohana Nono BS Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Flores
  • Yuliani Sepe Wangge Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Flores

Keywords:

Strategi Index Card Match, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi Index Card Match pada pembelajaran Bahasa Indonesia .Dimana latar belakang penggunaan strategi ini adalah 1) agar kegiatan pembelajaran bermakna bagi siswa , 2) siswa memiliki hasil belajar dan aktifitas belajar rendah, perlu adanya strategi pembelajaran alternatif untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dikelas 5 SDI Ende 14. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi, dokumentasi angket dan wawancara. Data hasil belajar siswa dalam pembelajaran dianalisis dengan menggunakan tehnik deskriptif kuantitatif, sedangkan data pelaksanaannya pembelajaran dianalisis menggunakan tehnik deskripsi kualitatif. Hasil analisis menunjukkan  bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan . Hal ini dapat dilihat dari data hasil tes siklus yang mengalami peningkatan rata-rata  sebesar 25,00 %. Sebelum penelitian ketuntasan belajar klasikal hanya 20,00 %, pada sklus I meningkat menjadi 62,5 %  dan pada siklus II meningkat menjadi 87,50 %. Peningkatan hasil belajar tidak terlepas dari perencanaan dan peningkatan pembelajaran yang dilakukan guru, dimana peningkatan hasil belajar tidak hanya terjadi pada aspek kognitif ,tetapi juga pada aspek afektif dan psikomotor .

Downloads

Published

2023-09-30