Kebiasaan Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring

Nurmitasari Nurmitasari, Ainur Rosidah

Abstract


Abstrak: Aktifitas dan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti proses perkuliahan sangat berdampak pada keberhasilan belajar mahasiswa yang disebut Indeks Prestasi mahasiswa. Aktifitas dan kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan belajar yang menjadi salah satu faktor keberhasilan belajar mahasiswa. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UMPRI pada pembelajaran berani terhadap hasil belajar di era pandemi .Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UMPRI Angkatan 2016 yang berjumlah 20 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa. Hal ini memberikan arti bahwa semakin baik kebiasaan belajar mahasiswa maka IP yang didapat akan semakin tinggi. Sebaliknya sebaliknya kebiasaan belajar maka IP mahasiswa semakin rendah.

 

Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran berani.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achyanadia, Septy (2013). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPO Negeri Ciseeng. Jurnal Teknologi Pendidikan. Program Studi Teknologi pendidikan. Program pascasarjana. UKA, Bogor, 2(2). 1-14.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Dimyati dan Mudjiono (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Lambok Simamora. (2014). Pengaruh Persepsi tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol 4 no 1

Achmad, I. A., Tanjung, H. S., & Nay, F. A. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Politik Sebagai Program Pendidikan Nonformal Study Kasus Di Partai Keadilan Sejahtera. Journal of Education Sciences: Fondation & Application, 1(1), 27-38.

Tanjung, D., Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) Di SD JORING LOMBANG. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 125-134.

Nababana, S. A., & Tanjung, H. S. (2022, November). Pelatihan Guru dalam Mengembangan Soal Model Asesmen High Order Thinking Skills (HOTS). In Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol. 5).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Nugroho, P. (2017). Pengembangan Instrumen Kebiasaan Belajar Mahasiswa. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. 2(2). 191-200. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.48

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwardjono. 2004. Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi, Jurnal Akuntansi, edisi Maret, STIE YKPN: Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.