Kebiasaan Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring

Nurmitasari Nurmitasari, Ainur Rosidah

Abstract


Abstrak: Aktifitas dan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti proses perkuliahan sangat berdampak pada keberhasilan belajar mahasiswa yang disebut Indeks Prestasi mahasiswa. Aktifitas dan kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan belajar yang menjadi salah satu faktor keberhasilan belajar mahasiswa. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UMPRI pada pembelajaran berani terhadap hasil belajar di era pandemi .Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP UMPRI Angkatan 2016 yang berjumlah 20 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa. Hal ini memberikan arti bahwa semakin baik kebiasaan belajar mahasiswa maka IP yang didapat akan semakin tinggi. Sebaliknya sebaliknya kebiasaan belajar maka IP mahasiswa semakin rendah.

 

Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran berani.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achyanadia, Septy (2013). Hubungan Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPO Negeri Ciseeng. Jurnal Teknologi Pendidikan. Program Studi Teknologi pendidikan. Program pascasarjana. UKA, Bogor, 2(2). 1-14.

Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Dimyati dan Mudjiono (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Lambok Simamora. (2014). Pengaruh Persepsi tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol 4 no 1

Nugroho, P. (2017). Pengembangan Instrumen Kebiasaan Belajar Mahasiswa. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. 2(2). 191-200. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.48

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suwardjono. 2004. Perilaku Belajar di Perguruan Tinggi, Jurnal Akuntansi, edisi Maret, STIE YKPN: Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.