PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS UNTUK MELATIHKAN KREATIVITAS SISWA KELAS IV SD
Keywords:
Media, barang bekas, kreativitas siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran melalui pemanfaatan barang bekas untuk melatihkan kreativitas siswa kelas IV SD. Rancangan pengembangan yang digunakan mengikuti model 4D yang diadaptasi menjadi 3D (tanpa melaksanakan disseminate). Desain menggunakan one grouppretest-postest. Kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan dianalisis secara deskriptif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan valid; Keterlasanaan dalam pembelajaran sangat baik; Aktivitas siswa selama proses pembelajaran berjalan secara baik; Hasil kreativitas siswa mengalami peningkatan pada aspekĀ flexibility, originality, dan elaboration. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa media pembelajarannmelalui pemanfaatan barang bekas yang telah dikembangkan valid, praktis, layak dan efektif digunakan untuk melatihkan kreativitas siswa.