Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran E-Learning Ditinjau Dari Disposisi matematis

Ari Trias Setiadi, Rika Sukmawati, M. Arie Firmansyah

Abstract


Abstrak: Penelitian bertujuan mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis yang menggunakan model pembelajaran e-learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deksriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII TM 2 SMKN 8 Kota Tangerang, mengambil sampel 1 kelas sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket, tes soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara. Hasil data dari kuesioner angket untuk disposisi matematis tinggi berjumlah 9 siswa (39%), sedang berjumlah 6 siswa (26%) dan rendah 8 siswa (35%). Hasil dari penelitian ini adalah faktor yang disebabkan oleh disposisi matematis yaitu percaya diri, penalaran, berfikir fleksibel, tekun, dan rasa ingin tahu. Siswa sangat yakin akan hasil yang diberikan adalah benar, dengan kata lain memiliki keyakinan akan apa yang telah mereka kerjakan. Maka dapat disimpulkan bahwa dari setiap kategori kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi, sedang dan rendah mampu menyelesaikan permasalahan dalam soal dengan baik. Tetapi di setiap soal yang diberikan tidak ada kesimpulan atas jawaban yang dikerjakan

 

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran E- learning, Disposisi Matematis


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aliah, S.N., Sukmawati, S., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Disposisi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(2), 91-98

Amalia, T. (2019). Penggunaan media google form dalam evaluasi pembelajaran bahasa arab maharah kitabah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 5(5), 318-323.

Dewi, P. S.& Septa, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.

Maemanah, A., & Winarso, W. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logika Matematika Terhadap Disposisi Matematis Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 4(1), 48-57.

Mairing, P.S. (2018). Pemecahan masalah matematika. Bandung:Alfabeta

Muflihatusubriyah, U, Utomo, R. B & Saputra, N. N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 7(1), 49-56.

Noer, Sri H. 2017. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Ruko Jambusari 7A.

Noriza, M. D., & Kartono, K. (2017,). Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Berdasarkan Tingkat Berpikir Geometri Pada Model PBL Pendekatan Van Hiele. In prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 347-355).

Padillah, Akbar; Hamid, Abdul; Bernard, Martin; dan Ikin Sugandi, Asep. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang Dalam MATERI PELUANG. Journal cendekia: jurnal pendidikan matematika Vol. 2, no 1 pp 144-153

Patmalasari, D., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2017). Karakteristik Tingkat Kreativitas Siswa Yang Memiliki Disposisi Matematis Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1), 30-38.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Rahimah, Nonong. 2019. Pemecahan masalah Matematika Siswa Pada Materi Bangun Datar Segi Empat Berdasarkan Kemampuan Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 1, no.2 pp 37-41

Riki, Dewi, K.K., Daniawan, B., Mardiana, H. (2020). Pembelajaran E-Learning di masa pandemic COVID-19. Tangerang: Deepublish Publisher

Roring, Riovan Styx, and Bong Chih How. Towards Society 5.0: A Pilot Study on Costless Smart Transportation Business Model. International Journal of Business and Society 23.1 (2022): 73-87.

Roring, Riovan Styx, and FX Nanang Sujatmiko. Kombinasi Sistem Berbasis Web Dan Android Sebagai Aplikasi Presensi Kegiatan Menggunakan QR Code. Jurnal Ilmiah Matrik 23.1 (2021): 12-21.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supianti, I. I., Zakiyah, K., & Agustian, F. (2021). E-Learning: Pencapaian Productive Disposition Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 310-325.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.