PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DMR (DISKURSUS MULTI REPRESENTASI) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 LABUHAN DELI

Authors

  • Nabilla Azzahanty Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Pangeran Antasari
  • Tesi Kumalasari Prodi Pendidikan Matematika, STKIP Pangeran Antasari

Keywords:

model pembelajaran diskursus multi representasi (dmr), kemampuan representasi matematis siswa.

Abstract

Penelitian ini berfokus dalam memaksimalkan pemahaman representasi matematis peserta didik dengan menggunakan model belajaran Diskursus multi representasi (dmr). Adapun cara/teknik penelitian yang penulis terapkan dalam penelitian ini ialah 1. Observasi 2. Soal Tes. Dari analisis data terjadi peningkatan kemampuan representasi matematis yaitu test hasil kemampun representasi matematis  saat dilakukan pre - tes dinyatakan tuntas jika nilai sama atau diatas KKM 65 hanya sebanyak 6 siswa (30%) dan yang tidak tuntas adalah sebanyak 14 siswa (70%). dan rata – rata nilai pre-test sebanyak 57,85. Setelah diberi pengajaran model pembelajaran Diskursus multi representasi (dmr) pada post-test siswa dinyatakan tuntas jika nilai sama atau diatas KKM 65 sebanyak 18 peserta didik (90%). dan tidak tuntas  sebanyak 2 peserta didik (10%). Ini disimpulkan Model pembelajaran Diskursus multi representasi (dmr) cukup efektif untuk diterapkan karena mampu memaksimalkan pemahaman representasi matematis peserta didik, perhitungan nilai uji N-gain juga didapatkan nilai N-Gain score persen 57,20 % sesuai dengan Katagori Tafsiran Efektifitas N-Gain dimana Nilai 46 – 75 di tafsirkan Cukup Efektif meningkatkan pemahaman representasi matematis siswa di SMP Negeri 2 Labuhan Deli.

Downloads

Published

2023-09-30