PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMA SWASTA PANGERAN ANTASARI
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Uji Independent sampel T-testAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Posttest only Control Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Pangeran Antasari. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Pangeran Antasari, pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan soal post-test dan di analisis dengan Uji Independent Sampel T-test. Hasil analisa dengan Uji Independent Sampel T-test menunjukan bahwa dapat di simpulkan model PBL (Problem Based Learning) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas X SMA Swasta Pangeran Antasari dengan nilai signifikan pada data kemampuan pemecahan masalah siswa di peroleh sebesar 0,009.