Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII di SMP Negeri 22 Medan T. A. 2021/2022

Sarty Herawaty Br Sormin, Lois Novita, Mei Randa Manurung, Agusmanto J. B Hutauruk

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan TA 2021/2022. Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Penelitian Quasi Experiment . Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi tersebut, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 dan kelas VIII-5 yang dianggap memiliki kemampuan kognitif yang sama, namun karena situasi Covid-19 maka hanya 15 orang siswa dari setiap kelas yang menjadi sampel. Dengan menggunakan teknik Cluster Random Samplingmaka diperoleh sampel penelitian sebagai kelas eksperimen (VIII-2) dan sebagai kelas kontrol (VIII-5). Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi. Maka berdasarkan hasil hitung pada kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan perhitungan pada kelas eksperimen kemampuan berpikir kritis memiliki nilai rata-rata . Pada kelas kontrol kemampuan berpikir kritis memiliki nilai rata-rata . Dengan memperhatikan nilai Asymp.Sig (2-tailed) yang diperoleh maka dapat diperoleh adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Contextual Teaching and Learningterhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan TA 2021/2022. Berdasarkan nilai rata-rata kemampuan antar kelas maka dapat dikatakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning memberikan pengaruh lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional terhadap materi yang diajarkan pada materi Bangun Ruang Kelas VIII SMP Negeri 22 Medan TA 2021/2022.

 

Kata Kunci : CTL dan Berpikir Kritis.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andriyansah, R. A., Mu’arif, A. N., Nataliasari, D., Rahmin, S., & Kurniawati, S. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Saat Pandemi COVID-19 Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(2), 67-71.

Jannah, F. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. -, 1(2), 19-24.

Kadir, A. (2013). Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah. Dinamika ilmu.

Kusuma, P. M. (2020). Pengaruh Metode Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV (Empat) SD Bani Saleh 1 Kota Bekasi. PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR), 8(1), 25-34.

Normaya, K. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92-104.

___________ (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Jucama Di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 92-104.

Nuraini, N. (2017). Profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa calon guru biologi sebagai upaya mempersiapkan generasi abad 21. DIDAKTIKA BIOLOGI: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 1(2), 89-96.

Tahir, M. R., Rahman, U., & Nursalam, N. (2015). Pengaruh kecemasan dan kesulitan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas X MA Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 86-102.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.