Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MtS melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik

Sulastri Sulastri

Abstract


Abstrak: Salah satu kemampuan yang dituntut dalam NCTM adalah kemampuan komunikasi matematis, namun berdasakan penelitian awal kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Kurangnya kemampuan komunikasi matematis siswa mengakibatkan peserta didik tidak menyukai pelajaran matematika dan menganggapnya sebagai pelajaran yang sulit. Solusi agar peserta didik memiliki kemampuan komunikasi matematis dengan baik salah satunya dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VII-11 MtS Negeri 1 Banda Aceh. Subjek penelitian ini dipilih enam siswa yang terdiri dari dua siswa pada kategori tinggi, dua siswa kategori sedang, dan dua siswa kategori rendah berdasarkan tes. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh kemampuan komunikasi matematis siswa yang berkemampuan  tinggi dan sedang dalam memecahkan masalah matematika memenuhi ketiga indikator, yaitu (1)  kemampuan mengekspresikan ide matematika melalui lisan,tertulis, mendemonstrasikannya serta menggambarkannya secara visual; (2) Kemampuan memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematika baik secara lisan maupun dalam bentuk visual lainnya; (3) Kemampuan dalam menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide, menggambarkan hubungan-hubungan dan model-model situasi. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang berkemampuan rendah yaitu siswa S1 memenuhi dua indikator dan siswa S2 hanya memenuhi satu indikator.

 

Kata Kunci: Komuniakasi Matematis, Pendidikan Matematika Realistik

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggriani, A., & Septian, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa melalui Model Pembelajaran IMPROVE. IndoMath: Indonesia mathematics Education, 2 (2), 105.

Gravemeijer, K.P.E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Technipress: Culemborg, the Netherlands.

Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori Pengembangan dan Implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers

Kohar A.W (2012) Desain Pembelajaran PMRI 5: “Butuh berapa kotak kue lagi agar kardus itu penuh?” (Deskripsi Pembelajaran Volume Balok dan Kubus di Kelas 5C SD N 1 Palembang) IMPoME 2012, 5th Observation Report of Classroom Observation

Legi M, Y. (2008). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SD Kelas IV melalui Pendidikan Matematika Realistik pada Konsep Pecahan dan Pecahan Senilai. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 2(1), 295-298.

Nur, M. (2011). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya : UNESA.

Nurhayati, dkk (2013). Mengatasi Kesulitan Komunikasi Matematis Siswa SMA menggunakan Wawancara Klinis Berbantuan Tablet Berbasis Multi Representasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan

OECD (2014). PISA 2012 Results: Whar Students Know and Can DO- Student Performance in Mathematics Reading and Science (Volume I, Revised Edition, February 2014),. PISA, OECD Publishing.http://dx.doi.org/10.1787/9789264201118-en.

Pujiastuti, H. (2008). Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Siswa SMP. Tesis SPS UPI Bandung.

Soedjadi, R. (2007). Inti Dasar-Dasar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2), 125-133

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA

The National Council Of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: Association Drive, Reston

TIMSS. (2011). TIMSS 2011 International Result In Mathematics. Chestnut Hill: TIMSS dan PIRLS International Study Center.

Wijaya, A (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuniarti, Y (2014). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Edu Humaniora 6 (2), 109-114.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.