PENGARUH KEMAMPUAN METAKOGNISI TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 1 PULAU RAKYAT

Rika Handayani, Lailin Hijriani, Risna Mira Bella Saragih

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan metakognisi siswa. Jenis penelitian ini quasi eksperimen. Populasi siswa seluruh SMP Negeri 1 Pulau Rakyat. Sampel Kelas VIII-1 yang terdiri dari 32 siswa diberi Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematik, angket metakognisi. Analisis data menggunakan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan metakognisi terhadap komunikasi matematik siswa. Jika kemampuan metakognisi siswa tinggi maka kemampuan komunikasi matematik siswa juga tinggi, begitu juga sebaliknya jika kemampuan metakognisi siswa rendah maka kemampuan komunikasi matematik siswa rendah.

 

Kata Kunci : Metakognisi, Komunikasi Matematik, Pembelajaran Berbasis Masalah.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ansari, Bansu, I. 2009. Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Arends. I. R. 2008. Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Chairani, Zahra. 2013. Aktivitas Metakognisi Sebagai Salah Satu Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah. KNPM V, Himpunan Matematika Indonesia, Juni 2013. Online.

Gredler. M. E. 2011. Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Kemendikbud. 2013. Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Online

Kusuma, Dwi, C. 2014. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal: Volume 2, Tahun 2014. Online

Lubis, Nurhadijah. 2014. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Metakognisi Matematika antara siswa yang diberi Pelajaran Berbasis Masalah dengan Pembelajaran Ekspositori. Jurnal: Volume 7 No. 3 Desember 2014.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Virginia: NCTM.

Nur’aeni, dkk. 2006. Penggunaan Instrumen Monitoring Diri Metakognisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Menerapkan Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Makalah berdasar pada hasil penelitian Hibah Pembinaan UPI tahun 2006 dengan judul yang sama.

Peters, M. (2000). Does ConstructivistEpistemology Have a Place in Nurse Education. Journal of Nursing Education 39, no. 4: 166-170.

Project, Taccasu. 2008. Metacognition. Online: http://www.hku.hk/cepc/tccasu/ref/metacognition.html.

Putri. S, dkk. 2012. Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Polya Subpokok Bahasan Garis dan Sudut Kelas VII-C di SMP Negeri 1 Genteng Banyuwangi. Artikel ilmiah mahasiswa FKIP UNEJ. Online: https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/65911?show=full

Rusman. 2012. Model-mode Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Shadiq, F. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Makalah disampaikan pada diklat instruktur/ pengembangan matematika SMA jenjang dasar tanggal 6 s/d 9 agustus 2004 di PPPG Matematika Yogyakarta. Online

Suherman dkk . 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jurusan Pendidikan Matematika UPI. Bandung.

Syaiful. 2011. Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal: Volume 01 Nomor 02, Oktober 2011. Online.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Veenman, M. (1993). Intellectual ability and metacognitive skill: determinants of discovery learning in computerized learning environment. PhD thesis, University of Amsterdam. Online: https://www.academia.edu/5063932/

Wahyuni. 2014. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis antara siswa kelas Heterogen Gender dengan kelas Homogen Gender melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah di MTs Kota Langsa. Jurnal: Volume 7 No. 1 April 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.