MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PROGRAM LINIER DI KELAS X TP SMK NEGERI 2 MEULABOH TAHUN AJARAN 2021/2022

Nelly Marliadiana

Abstract


Abstrak: Prinsip utama dalam pembelajaran matematika saat ini pada umumnya untuk memperbaiki dan menyikapi-aktifitas belajar yang bermanfaat bagi siswa. Keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran harus ditunjang dengan menyediakan aktifitas-aktifitas belajar yang khusus sehingga siswa dapat melakukan “doing math”. Pembelajaran berbasis masalah (Probelem-based learning), merupakan salah satu model pembelajaran inovatif yang dapat memberikan kondisi belajar aktif kepada siswa. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) mengetahui aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learning pada materi program linier. (b) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi program linier dengan penerapan model Problem Based Learning , dan (c) Mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan penerapan model Problem Based Learning pada materi program linier di Kelas X TP SMK Negeri 2 Meulaboh. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X TP SMK Negeri 2 Meulaboh. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar, dan angket. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas siswa pada siklus pertama sebesar 66,35% menjadi sebesar 86,54% pada siklus kedua, dengan katagori sangat baik, ModelProblem Based Learning juga memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus pertama ketuntasan klasikal sebesar 69,23% menjadi sebesar 88,46% pada siklus kedua.

 

Kata kunci : Model Problem Based Learning , Linier Program.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Anonimous, (2013), ”Kurikulum 2013 Kelas XI”. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, (2002). ”Prosedur Penelitian”. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdiknas

Dahar, R.W. (2000). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Hasbullah, (2005). ”Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan”. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

I Wayan Dasna dan Sutrisno, (2008). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning), Jurnal Pendidikan

Lulus Prioananto, (2008). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Metoda Problem-Based Learning pada Pokok Bahasan Logika Matematika di Kelas X-1 SMA Negeri 3 Blitar Tahun Ajaran 2006 – 2007

Johar, Rahmah dkk. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Unsyiah.

Kunandar, (2010). ”Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Mukhlis, Abdul. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Muslim Ibrahim, (2005), Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Surabaya: Unesa University Press

Nana Syaodih, (2005), ”Landasan Psikologi Proses Pendidikan”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

National Council of Teachers of Mathematics. (2006). Principles and Standards for School.USA: NCTM

Putu Yasa, (2002). “Belajar Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Dengan Pendekatan Kelompok Kooperatif Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Siswa Kelas III SLTP Negeri 2 Singaraja”. Tesis: Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IKIP Negeri Singaraja Desember 2002.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarman, (2005). “Problem Based Learning Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah”. Artikel Ilmiah FKIP Universitas Mulawarman Samarinda.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sudjana, H.D., (2005). Strategi Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah, Falah Production, Bandung.

Suhana, (2008). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis siswa, Jurnal Pendidikan

Syah, Muhibbin. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syaiful Bahri Djamarah, (2005). ”Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif”. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tegeh, I.M. (2009). Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa yang Diajar dengan Menggunakan Problem Based-Learning dan Ekspositori yang Memiliki Gaya Kognitif Berbeda. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka, Jakarta.

Umar Tirtarahardja, (2005), ”Pengantar Pendidikan”. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.