ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYESELESAIKAN SOAL CERITA HIMPUNAN BILANGAN BULAT DI SD NEGERI 5 MEULABOH

Fakhrul Jamal

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan dan fakto-faktor apa saja yang mempengaruhi dan dialami siswa kelas IV SD Negeri 5 Meulaboh dalam menyelesaikan soal cerita himpunan bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan dengan jenis penelitian deskriptif, penelitian adalah siswa kelas IV yang mengalami kesulitan belajar matematika yaitu sebanyak 14 siswa, instrumen dan pengumpulan datanya menggunakan lembar tes dan lembar wawancara, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis data Interaktif Analysis Modeldari Miles dan Huberman, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan rumus persentase. Berdasarkan pengamatan masih banyak responden yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal-soal tersebut, diantaranya tidak dapat mengubah bentuk kalimat matematika dan tidak menguasai konsep sebelumnya, keliru dalam menentukan dan mengurutkan operasi hitung, serta kesulitan memahami maksud. Faktor yan mempengaruhi kesulitan belajar adalah karena siswa merasa matematika adalah pelajaran yang sulit, hal ini sangat mempengaruhi siswa dalam mengerjakan soal cerita, siswa juga cenderung suka dengan soal yang berbentuk matematika langsung dari cerita, sehingga mengakibatkan siswa kurang memahami kalimat soal cerita untuk diterjemahkan dalam bentuk kalimat matematika,

Kata-kata kunci: Soal Cerita, Himpunan, Bilangan Bulat

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmdami, A. 2000. Cara Belajar Mandiri dan sukses, Reneka Cieta. Jakarta.

Dalyono, 2001, psikologi pendidikan PT. Raja Grafindo, Jakarta

Darmi. 2000.Pengaruh Kemampuan Membaca dan Berhitung dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Langsa. Skripsi, FKIP Unsyiah Banda Aceh.

Djamarah, S, B dan Zain, A. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta

Faridah, 2003. Diagnosa Kesulitan-kesulitan Belajar dan Pengajaran Remedial Matematika, Jakarta: Depsikbun. Dirjen Pendidikan Tinggi PPLPTK

Fazla, 2002, Kesulitan Siswa dalam mengerjakan Operasi Penjumlahan dan Perkalian pada Kelas I SLTP 18 Banda Aceh, Skripsi FKIP Unsyiah Banda Aceh

Gerorg, C. 2000. Konsep Dasar Materi Himpunan. Bandung : Reneka Cipta

Hallahan, 2002. Mengatasi Kesulitan siswa dalam menyelesaikan Soal Cerita. Satu langkah di kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 6 No. 2 LPTK dan ISDI. Jakarta

Margono, S, 2005. Metodologi Penelitian Kuatatif, Bandung : Reneka Cipta.

Maleong, L. 2001. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Bandung : Rosda Karya.

Mulyana, D. 2004. Metode Penelitian Kuantitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunakasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung : Remaja Rosda Karya

Purwanto, M, N, 2003. Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W, 2007. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, jakarta : Media Group.

Sholeh. 2002. Pokok-pokok Pengajaran Matematika di sekolah, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Siahanan, H. 2002. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan studi di Dalam Bimbingan Belajar di SMU dan Perguruan Tinggi, Jakarta : PT Rajawali.

Slameto, 2001.Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi Rineka Cipta. Jakarta

Soedjadi, 2000. Kita Pendidikan Matematika di Indonesia, Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sriyanto, H. 2007. Strategi Sukses mengatasi Matematika. Jakarta : Buku Kita.

Sudjana, N. 2007. Strategi Belajar Mengajar Matematika, Jakarta : Karurika.

Sugiono, 2007. Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.

Sumadi, S. 2001. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali.

Suryobroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Wardani, S. 2001. Lembaran Kerja Dalam Pengajaran Matematika. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.