PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN LITERASI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA

Rusmining Rusmining

Abstract


Abstrak: Penerapan salah satu model pembelajaran berbasis proyek atau project based learning (PjBL) bermuatan literasi matematika pada penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian tindakan kelas dengan metode kualitatif. Tahapan-tahapan penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, serta penyelesaian yang masing-masing dilakukan pada tiga siklus, yaitu siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. Tahap perencanaan dimulai dengan pembuatan instrumen yang terdiri dari lembar observasi pelaksanaan model PjBL berbasis literasi matematika dan lembar observasi komunikasi. Dilanjutkan tahap pelaksanaan yaitu kegiatan pembelajaran di kelas dan pengambilan data. Terakhir tahap penyelesaian yaitu evaluasi atau refleksi kegiatan. Adapun hasil penelitian diantaranya: pada siklus 1, indikator pelaksanaan model PjBL sebesar 62,5%, dan rata-rata skor komunikasi 2,5 dari peniaian maksimal 5; pada siklus 2, indikator pelaksanaan model PjBL sebesar 75% dan rata-rata skor komunikasi 3,7; serta pada siklus 3, indikator pelaksanaan model PjBL sebesar 83,5% dan rata-rata skor komunikasi 4,8.

Kata-kata kunci: project based learning, literasi, komunikasi.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

OECD. (2010). The Programme for International Student Assessment (PISA).USA.

Lange, dkk. (2006). Assessing Scientific, Reading, and Mathematical Literacy: A Framework for PISA 2006. Paris: dipublikasikan oleh Organization for Economic Co-Operation and Development (OECD).

Haahr, J. H., dkk. (2005). Explaining Student Performance Evidence from The International PISA TIMMS, and PIRLS Surveys. Danish: Danish Technological Institute.

Ojose, B. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everiday Use?. Journal of Mathematics Education, 4(1), 89-100.

Brewley, D. S. (2012). College Mathematics Literacy Workers of The Young People’s Project Chicago: A Community of Practice. Journal of Urban Mathematics Education, 5 (1), 44-54.

Hong, Wu. (2018). Investigations and Research on The Professional Knowledge Literacy of Geography Teachers in Middle Schools in China. International Journal of Education and Research, 6 (5), 57-72.

Stacey, Kaye. (2010). Mathematical and Scientific Literacy Around The World. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 33(1), 1-16.

Rusmining. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Komponen Proses. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3), 384-390.

Kemendikbud. (2016). Panduan Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama.

Vitancol, et al. (2018). DIXIT: A Case Study On Improving Group Communication. International Journal of Education and Research, 6(12), 127-148.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumarmo, U. (2009). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah pada Pelatihan Guru Matematika di Jurusan Matematika ITB. April 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.