KEEFEKTIFAN PENGUNAAN MODUL TEKA-TEKI SILANG MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA UNTUK SMA KELAS XI

Yuli Amalia, Dazrullisa Dazrullisa

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas dari modul tetak-teki silang matematika pada materi statistika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan kualitatif yang berorientasi pada pengembangan produk. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analisis dilakukan analisis kurikulum dan karakteristik siswa. Pada tahap perancangan dilakukan perancangan storyboard modul pembelajaran. Penyusunan modul dan instrumen penelitian, beserta validasi dilakukan pada tahap pengembangan.Pada tahap implementasi dilakukan uji coba.Pada tahap evaluasi dilakukan perhitungan data yang telah dikumpulkan selama penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul teka-teki silang matematika pada materi statistika ini layak digunakan pada pembelajaran matematika.Kelayakan modul dapat dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Pada aspek kevalidan, rata-rata skor yang diperoleh dari ahli media adalah 4 dan ahli materi3,9 sehingga modul termasuk ke dalam kategori valid. Berdasarkan angket respon siswa, rata-rata yang diperoleh adalah 3,6 sehingga modul ini dikatakan praktis. Rata-rata aktivitas guru dan siswa, angket respon siswa, beserta hasil belajar siswa adalah 4,03 dengan kategori efektif.

 

Kata-kata kunci: Pengembangan, Modul, Statistika


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aribowo, E.K. (2014). “Media Pembelajaran DIY: Membuat Flash Card dan Teka-Teki Silang Mandiri”. Prosiding Seminar Nasional.Universitas Widya Dharma Klaten.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Ayu, I., Sugiharto., dan Masykuri, M. (2013). “Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Menggunakan Media Teka-Teki Silang dan Peta Konsep pada Materi Pokok Koloid Kelas XI Semester II SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013”.Jurnal Pendidikan Kimia. Volume 2 No. 3. Hal 92-99.

BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, S.B. dan Zain, A. (2013).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Eryfianawati, Z. (2015). “Pengembangan Modul Matematika pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas IX SMP/MTs”.Artikel.Surabaya: Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Fadillah, M. (2015). “Pengembangan Media Teka-Teki Silang (TTS) pada Materi Benzena untuk Siswa Kelas XII MAN Kota Bakti”.Skripsi.Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Fathonah, R. at al. (2013). “Studi Komparasi Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) dengan Kartu pada Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar”.Jurnal Pendidikan Kimia. Volume 2 No.3. Hal 68-76.

Gupitasari, D.N. (2015). “Pengembangan Alat Peraga Distilasi Berbahan Limbah Sebagai Implementasi Project Based Learning Guna Meningkatkan Psikomotorik Siswa dalam Memahami Pemisahan Fraksi Minyak Bumi”.Skripsi.Universitas Negeri Semarang.

Harjanto. (2008). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hastuti, W. (2015). “Pengembangan Media Crossword Puzzle Chemistry (CROPCHEM) di SMA Negeri 9 Banda Aceh”.Skripsi. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Khikmah, T.Y. (2013). “Pengembangan Media Pembelajaran CD Interaktif Materi Struktur dan Fungsi Sel Dilengkapi Teka-Teki Silang Berbasis Flash”.Skripsi.Universitas Negeri Semarang.

Lestari, E., dan As’ari, A.R. (2012). “Pengembangan Modul Pembelajaran Soal Cerita Matematika Kontekstual Berbahasa Inggris untuk Siswa Kelas X.”Jurnal Online UM.Volume 1 No. 2. Hal 1-8.

Lubis, M.S., Syahrul, R., dan Juita, N. (2015). “Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbantuan Peta Pikiran pada Materi Menulis Makalah Siswa Kelas XI SMA/MA”.Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran. Volume 2 No. 1. Hal 16-28.

Mulyatiningsih, E. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran. http://staff.uny.ac.id/(diunduh 7 April 2017).

Nugraha, G.H.S. (2013). “Upaya Meningkatkan Kemampuan Melakukan Operasi Perkalian dan Pembagian melalui Permainan Tradisional Dakon pada Siswa Kelas IV SDN Genengan 2 Kawedanan”.Skripsi.IKIP PGRI Madiun.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pribadi, B.A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Prihadi, Y. (2014).“Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada Pokok Bahasan Trigonometri untuk SMA Kelas X”.Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.

Prasetio. (2015). Pengertian Statistika. http://slideplayer.info/slide/2912678/ (diunduh 6 Mei 2017).

Purwono, U. (2008). Standar Penilaian Buku Teks Pelajaran. http://staf.cs.ui.ac.id/ (diunduh 17 Mei 2017).

Rahman, M.H.R. (2015). “Pengembangan Media Pembelajaran Bentuk Soal dengan Model Teka-Teki Silang pada Mata Pelajaran Konstruksi Bangunan untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta”.Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.

Rusdiawati, A.S. (2017). “Eksperimen Pembelajaran Matematika dengan Strategi Think Pair Share dan Student Teams Achievement Division terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Komunikasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura”.Publikasi Ilmiah. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sadiman, A.S, at al. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sholihah, A. (2016). Bab III Metode Penelitian.https://repo.iain-tulungagung.ac.id(diunduh10 April 2017).

Sudijono. A. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sudjana, N. dan Rivai, A. 2007.Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sulun, H.S. dan Munir, R. (2010). “Pembangkit Teka-Teki Silang dengan Algoritma Backtracking serta Aplikasi Permainannya yang Berbasis Web”.Jurnal Informatika. Volume 4 No. 2. Hal 457-466.

Supardi, N.S. (2011). “Pengembangan Modul Jamur dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di SMA”.Skripsi.Universitas Negeri Semarang.

Susanta, N.A., Sudhita, I.W.R., dan Sudarma I.K. (2014). “Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Transportasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 3 Pegadungan”.Jurnal Teknologi Pendidikan. Volume 2 No.1. Hal 95-104.

Widodo, C. dan Jasmadi. (2008). Buku Panduan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Winarsih. (2015). “Pengembangan Teka-Teki Silang (TTS) Biologi Materi Pokok Sistem Gerak pada Manusia sebagai Alternatif Latihan Soal Siswa Kelas XI SMA-MA”. Skripsi.Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Yusefdi. (2014). “Pengembangan LKS Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif pada Materi Ruang Dimensi Tiga Kelas X SMAN 6 Bengkulu”.Skripsi. Universitas Bengkulu.

Zonita, F. (2013). “Pengembangan Modul Biologi Berorientasi Mind Map Dilengkapi Teka-Teki Silang untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama”.Jurnal Pendidikan Biologi Kolaboratif. Volume 1 No. 3. Hal 35-41.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.