ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BLACK KNIGHT BERBANTUAN VLOG DITINJAU DARI UNJUK KERJA SISWA DI SMAN 1 BARUMUN TENGAH T.P 2021/2022

lora Sari Salsabilah, Desniarti Desniarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat atau mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa melalui metode pembelajaran Black Knight berbantuan vlog ditinjau dari unjuk kerja siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas X Mia 1 SMA Negeri 1 Barumun Tengah Tahun Pelajaran 2021/2022. Instrument penelitian terdiri dari pedoman wawancara, tes kemampuan komunikasi dan penilaian unjuk kerja siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui metode pembelajaran Black Knight berbantuan vlog ditinjau dari unjuk kerja siswa didapatkan bahwa di peroleh 3 siswa masuk pada kategori kemampuan komunikasi matematis tinggi dengan perolehan skor  yang dimana 2 siswa mencapai 4 indikator dan 1 siswa mencapai 3 indikator dari 4 indikator kemampuan komunikasi matematis siswa yang ingin dicapai dan 3 siswa masuk pada kategori kemampuan komunikasi matematis siswa sedang  dengan perolehan skor  yang dimana 1 siswa mencapai 4 indikator dan 2 siswa mencapai 3 indikator dari 4 indikator kemampuan komunikasi matematis siswa yang ingin dicapai. Dari hasil kemampuan unjuk kerja siswa dimana dari 6 siswa 5 siswa masuk pada kategori baik sekali dengan perolehan skor  3 <  4 dan 1 siswa masuk pada kategori baik 2 <  3.

 

Kata kunci : kemampuan komunikasi matematis, metode pembelajaran Black Knight, vlog, unjuk kerja siswa.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arhas, S. H. (2018). Metode Pembelajaran Black knight. Apa? Mengapa? dan Bagaimana? Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 167

Arifin, A. T, Kartono, Sutarto. (2014). Keefektifan Strategi Pembelajaran React Pada Kemampuan Siswa Kelas VII Aspek Komunikasi Matematis. JURNAL KREANO, 92.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Lailatul Mukarromah, F. S. (2020). PENGEMBANGAN GAME EDUKASI “HOTSNAKER” BERBANTUAN VLOG SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA NEW NORMAL. Konferensi Nasional Pendidikan I (p. 41). Universitas Muhammadiyah Banjarmasin: lmukarromah90@gmail.com.

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Nababan, S. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Siswa SD Negeri Aceh Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Nababan, S. A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RME TERINTEGRASI ICT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Nababan, S. A. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA SD NEGERI GUNONG KLENG. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.