ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DAN MINAT BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DI SMA NEGERI 1 PORTIBI

Delvia Oktari Harahap, Cut Latifah Zahari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita system persamaan linear tiga variabel berdasarkan analisis kesalahan Newman dan minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil 3 siswa dari 33 siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Portibi. Setiap hasil pekerjaan subjek penelitian dianalisis untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan menggunakan metode analisis kesalahan Newman kemudian dilakukan wawancara untuk mendiskripsikan factor-faktor penyebab siswa melakukan kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang muncul saat siswa menyelesaikan soal cerita system persamaan linier tiga variabel adalah 1) kesalahan membaca soal, meliputi tidak menggerti kata kunci dari soal. 2) kesalahan memahami soal, meliputi tidak menuliskan hal apa yang diketahui dan hal apa yang ditanya dalam soal, tidak lengkap menuliskan hal yang diketahui dalam soal. 3) kesalahan keterampilan proses, meliputi tidak menyelesikan metode penelitian, tidak menuliskan cara perhitungan yang benar. 4) kesalahan penulisan jawaban akhir, meliputi tidak menuliskan jawaban akhir yang diminta dalam soal. Factor-fsktor penyebab kesalahan siswa adalah tidak terbiasa menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan dan tidak paham dengan metode perhitungan yang digunakan. Dari ke-33 siswa terdapat 33,33% atau 11 siswa berada di kriteria sangat berminat dan 41,84% atau 22 siswa berada di kriteria berminat dalam mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini menunjukkan bahwa minat siswa dalam belajar sudah cukup baik, tetapi perlu ditingkatkan lagi.

Kata Kunci: analsis kesalahan prosedur Newman, soal cerita, minat belajar

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, M. 2012. Anak berkesulitan belajar. Rineka Cipta

Arif Priyanto, dkk. 2015. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori kesalahan Newman di Kelas VII A SMP Negeri 10 Jember. Universitas Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 2015, 1(1): 1-5

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian.Jakartan: Rineka Cipta.

Ayunngtia, A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dan Minat Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas VII MTs Swasta Citra Amanah Sei Glugur. (Skripsi) Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah. Medan.

Irfandi, Ihsan Pakpahan. 2016. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal cerita dan Solusinya berbasis Metode Newman dalam Pembelajaran Berbasis Masalah pada Topik SPLDV siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Medan T.A. 2015/2016. Medan: Universitas Negeri Medan

Karnasih, Ida. 2015. Analisis Kesalahan Newman pada Soal Cerita Matematis. Medan: Jurnal FMIPA Unimed.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Marpaung, Nur Queen. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Di MTs Swaasta Aisyiyah Sumatera Utara: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyadi., Riyadi., dan Sri Subanti. 2015. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Berdasarkan Newman Error Analysis (NEA) Ditinjau dari Kemampuan Spasial. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 3 No.4. halaman 370-382.

Ni Putu Vivin, dkk. 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Uraian Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus, Denpasar: Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha.

Puspita, Desi. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Regulated Learning SIswa Sekolah Menengah Atas: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Pekanbaru.

Ramadhani, Amanda Syahri Nasution, Desniarti. 2021.Model Peningkatan Minat Belajar, Kemampuan Penalaran Dan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Media Sosial, Medan: Seminar Hasil Penelitian 2020.

Salmiah, Siti. 2020. Analisis Kesulitan Siswa Pada Pembelajaran Matematikadi Kelas viii SMP Negeri 2 Tiga Binanga Tahun Pelajaran 2019/2020: Universitas Quality Medan.

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Nababan, S. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Siswa SD Negeri Aceh Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Nababan, S. A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RME TERINTEGRASI ICT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Nababan, S. A. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA SD NEGERI GUNONG KLENG. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Sahjuan Umasangaji, dkk. 2021. Analisis Kesalahan Skill dalam Menyelesaikan Soal Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel Pada Studi Kasus Siswa Kelas X Mia 6 SMA Negeri 4 Kota Ternate, Ternate: Jurnal Pendidikan Guru Matematika.

Sugiyono. 2014. Kesalahan Prosedur Newman Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal ilmiah STKIP Ngawi Vol. 13 No.1(2014) p58-p64 pendidikan

Sugiyono. 2014. Metode Peneltian Kombinasi (mixed methods), (Bandung: Alfabeta, 2018) hal : 334-345

Umam, Dliwaul, Muhammad. 2014. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Ceita Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan, Surabaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.