PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI GEOMETRI BERBASIS GEOGEBRA PADA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Laila Safina, Hidayat Hidayat

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan alat evaluasi menggunakan Software Geogebra pada pembelajaran matematika materi geometri transformasi pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (2) Untuk mengetahui kelayakan alat evaluasi geometri berbasis geogebra materi geometri transformasi pada tingkat sekolah pertama. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu jenis penelitian pengembangan menurut thiagarajan model 4D yaitu dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, Development) dikarenakan keterbatasan waktu sehingga sampai tahap validasi oleh guru matematika dan dosen pendidikan matematika untuk mengetahui kelayakan suatu alat evaluasi yang dikembangkan. Define merupakan tahap awal yang dilakukan dengan melakukan analisis awal, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan analisis tujuan pengembangan. Design bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran. Development merupakan tahap pengembangan, revisi produk dan validasi ahli kelayakan alat evaluasi. Subjek penelitian adalah 3 guru matematika pada tingkat sekolah menengah pertama dan 3 dosen pendidikan matematika Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan. Data yang dikumpulkan berupa angket kelayakan alat evaluasi ahli media dan ahli materi. Hasil kelayakan produk alat evaluasi geometri berbasis geogebra yang diperoleh dari ahli media menurut aspek rekayasa perangkat lunak (95%), aspek kelayakan kegrafikan (83,7%), aspek kelayakan bahasa (84,5%) dan aspek komunikasi visual (83,3%) dan ahli materi menurut aspek kelayakan isi (97,3%), aspek kelayakan bahasa (95,2%), dan aspek kelayakan penyajian (94,2%) dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi geometri berbasis geogebra layak digunakan dan diterapkan pada proses pembelajaran khususnya pelajaran matematika.

 

Kata Kunci      : Alat evaluasi, Software Geogebra, 4D, Geometri Transformasi

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Mahmudi, Ali. (2011). Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra.Jurnal. Pendidikan Matematika FMIPA Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Dapat diakses dari: http://eprints.uny.ac.id/10483/1/P6-Ali%20M.pdf

Mahmud, Ali. (2013). Strategi Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Prociding Seminar Nasional Pendidikan, Penelitian dan Penerapan MIPA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Dapat diunduh dari: http://staffnew.uny.ac.id/upload/132240454/penelitian/29%20Turnitin_Semnas_UNY_2013_Metakognitif_Pembelajaran_Mat_ali_mahmudi.pdf

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Marhadini, SAK., dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Gerak Parabola untuk Siswa SMA: Unnes Physics Education Journal Dapat diunduh dari: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/19315

Saputro, B. A., Prayito, M., & Nursyahidah, F. (2015).Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Geogebra. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 34-39. Dapat diunduh

dari: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/3757

Hidayat, H., Sukmawarti, S., & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823-e14910312823. Dapat diunduh dari : https://rsdjournal.org/index.php/rsd/article/view/12823

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Nababan, S. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Siswa SD Negeri Aceh Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Nababan, S. A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RME TERINTEGRASI ICT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Nababan, S. A. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA SD NEGERI GUNONG KLENG. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Syaripuddin.(2010). Analisis Kesulitan Guru Matematika Dalam Melaksanakan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ciseeng Bogor.Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/5674/1/Syaripudin-FD


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.