Strategi Pembelajaran Pada Materi Logaritma Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Berbantuan LKPD di Kelas X SMA

Adinda Syafitri Utami, Ahmad Sukri Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD logaritma yang layak digunakan dan mengembangkan strategi pembelajaran logaritma melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan LKPD di kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD). Subjek dalam penelitian ini adalah validator. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket. Hasil penelitian yang didapatkan adalah kelayakan desain pembelajaran logaritma dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan nilai rata-rata 41,6 dan presentase sebesar 75,65% dan kelayakan LKPD logaritma dengan rata-rata nilai 96 dan presentase sebesar 76,8%. Berdasarkan produk yang dinilai oleh validator strategi pembelajaran pada materi logaritma dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) berbantuan  LKPD  di  kelas X SMA layak digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: strategi pembelajaran, model pembelajaran kooperatif tipe TAI, LKPD.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science) , 2 (1), 60-65.

Kartika, W. (2018). Problematika Pembelajaran Matematika Di Mts. Swasta Al-Ittihadiyah Percut Sei Tuan. (Skripsi), FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan.

Rufini. (2013). Upaya Meningkatkan Penguasaan Materi Logaritma Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA , 4 (2), 23.

Ivani Hananta, O. F., & Ratu, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia , 4 (1), 34.

Ananta, W. K. (2013). Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya (PTK pada Siswa Kelas IX A Semester Ganjil SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen Tahun Ajaran 2013/2014). (Skripsi), Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahman, M. A. (2018). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Nababan, S. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Siswa SD Negeri Aceh Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Nababan, S. A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RME TERINTEGRASI ICT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Nababan, S. A. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA SD NEGERI GUNONG KLENG. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Nurcahyo, A., & Sudibyo, N. A. (2020). Eksperimentasi Model Pembelajaran TAI Afl Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Pada Materi Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika , 1 (2), 115.

Nurzakiaty, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Pembelajaran Integral Di Kelas XII IPA-2 SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Peluang , 3 (2), 33.Kurniawan, B. R., & Arief Taqwa, M. R. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan , 3 (11), 1452-1453.

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education , 2 (1), 85.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Kurniawan, B. R., & Arief Taqwa, M. R. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan , 3 (11), 1452-1453.

Pinilih, F. W., Budiharti, R., & Ekawati, E. Y. (2013). Pengembangan Instrumen Penilaian Produk Pada Pembelajaran IPA Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika , 1 (2), 25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.