Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis CTL Berbantuan ICTuntuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Rasa Percaya Diri Siswa SMP Swasta AZIZI

Desi Natalia Sinaga, Saiful Bahri

Abstract


Abstrak : Penelitian bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan.Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran.Subjek uji coba terbatas perangkat pembelajaran adalah siswa kelas VII Mts Islam Azizi  Medan.Hasil penelitian berupa produk perangkat pembelajaran pada materi Segiempat di kelas VII Mts Islam Azizi.Validasi perangkat pembelajaran berdasarkan pada pendapat para validator yang telah diuji secara terbatas keterbacaan dan disimulasikan dan perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian telah diuji coba terbatas. Kepraktisan di analisis berdasarkan: (1) observasi keterlaksanaan pembelajaran; (2) responsiswa. Efektifitas di analisis berdasarkan: (1) ketuntasan minimum kemampuan komunikasi matematika siswa; (2) Keaktifan aktivitas siswa. Hasil menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis kontekstual yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif. Kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berbasis kontekstual yang dikembangkan berhasil mengalami peningkatan dan indikator kemampuan komunikasi matematis paling meningkat adalah indikator kemampuan komunikasi matematis keempat yaitu membuat model matematika berdasarkan ide matematika yang diperoleh.

Kata Kunci:  Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Komunikasi Matematis, rasa percaya diri siswa.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agus, S. 2009. Coopertive Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Akker, J.V.D. 1999. Principles And Methods Of Development Research. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, E.K; Branch, R.M; dan Akker, J.V.D (Eds). Design Approaches and Tools in Education and Training (hlm. 1-14). London: Kluwer Academic Publisher

Ansari, B. 2009. Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Pena.

________. 2012. Komunikasi Matematik dan Politik. Banda Aceh : PENA

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Jilid Dua. (diterjemahkan oleh Soedjipto, Helly, P. dan Soedjipto, Sri, M.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S.2003, Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

_________. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Z.2012.Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Asikin, M. 2001. Komunikasi Matematika dalam RME. Makalah disajikan pada Seminar Nasional RME di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, tanggal 14-15 November 2001.

Balitbang. 2011. Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika. (Online).Tersedia:http://www.puskur.net/download/prod2007/50_Kajian%20Kebijakan%20Kurikulum%20Matematika.pdf (Diakses 10 September 2014)

Bao, L. 2006. Theoretical Comparisons Of Average Normalized Gain Calculation. Physics Education Research, 74(10):917-922.

Belawati, T. 2004. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka

Bornok dkk. 2014. Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia

Budiningsih, A. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta

Collette, A.T. and Chappetta, E.L. 1994, Science Instruction in the Middle and

Creswell, J. W. 2014. Research Design: qualitative, and mixed methods approaches. USA: Sage Publications, Inc.

Dahar, R. W. 1991. Teori-teori Belajar. Bandung : PT Gelora Aksara Pratama

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

______________.(2011). Teori – Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT Gelora Aksara Pratama

Darta. 2004. Pembelajaran Matematika Kontekstual dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Mahasiswa Calon guru. Tesis tidak diterbitkan. Bandung : UPI

Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta : Depdiknas

. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Pemerintah RI.

. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pemerintah RI.

. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22, 23, 24, Tahun 2006 Tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

. 2008. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Jakarta: Depdiknas.

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Dimayati. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Effendi, M. 2008. Analisis Kualifikasi Dan Kompetensi Profesi Guru Serta Upaya Pengembangannya Dalam Menyikapi UU Guru-Dosen. Malang: Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Eggen, P. D. dan Kauchak. 1988. Strategies for Teacher Teaching Content and Thinking Skills. New Jersey: Prentice Hall.

Fauziawati. 2015. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Dan Self-Efficacy Siswa Menggunakan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Virtual Manipulative Di SMP Negeri 2 Rantau Selatan. Tesis tidak diterbitkan. Medan : UNIMED

Grinnell, R. M. 1988, Social Work Reseach and Evaluation, Third Edition Canada : F.E.Peacock Publishers,Inc.

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Nababan, S. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Siswa SD Negeri Aceh Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Guo, S dan Yang, Y. 2012. Project-Based Learing: An Effective Approach To Link Teacher Profesional Development And Students Learning. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 5(2):41-56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.