ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA SISWA KELAS VIII DALAM MATERI RELASI DAN FUNGSI DI SMPIT BINA INSANI CIKAMPEK

Annisa Ubaidillah, Agung Prasetyo Abadi

Abstract


Abstrak: Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematis pada siswa kelas VIII SMPIT BINA INSANI Cikampek pada materi Relasi dan Fungsi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa data hasil tes. Pengambilan data dilakukan melalui tes tertulis. Tes tertulis yang digunakan merupakan instrumen tes yang sudah divalidasi oleh peneliti terdahulu. Tes yang diberikan pada siswa dalam bentuk soal uraian (essay) berjumlah 6 butir soal dengan materi Relasi dan Fungsi. Artikel ini menunjukkan hasil kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Bina Insani Cikampek didominasi oleh siswa yang berada pada kategori sedang dengan perolehan persentase sebesar 72,22% yang terdiri dari 13 orang siswa. Pada kategori tinggi dengan perolehan persentase 22,22% terdapat 4 orang siswa. Dan terdapat 1 siswa yang berada pada kategori rendah di persentasekan sebesar 5,56%.

Kata-kata kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Relasi dan Fungsi.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Syiam, E, & Sundayana, R. (2014) Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematika Antara Siswa Yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) dan Metagognitif. Jurnal Pendidikan Matematika 55-66.

Anggraeni, C. (2017), Oktober 24). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Limit Fungsi. Diambil kembali dari http://iamchintiaanggaeni.blogspot.com/2017/01/kemampuan-pemahaman-konsep-matematika.html

Anita & Sinaga, B. (2016). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa SMP Swasta Trisakti 2 Medan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–9.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan matematika realistik untuk Meningkatkankemampuan komunikasi Matematis siswa smp. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Tanjung, H. S. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BUDAYA ACEH BERORIENTASI KKNI DI SMA SE-ACEH BARAT. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Numbered Heads Together. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dahar, R. W. 2011. Teori-teori dan pembelajaran. Erlangga, Jakarta.

Dimyati & Mudijono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta.

Eggen, P. & D. Kauchak. 2012. Strategi Dan Model Pembelajaran Mengajar-kan Konten Dan Keterampilan Berpikir Edisi Keenam. PT. Indeks, Jakarta

Siti Mawaddah, Ratih Maryanti. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). Jurnal Pendidikan Matematika 76-85.

Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).

Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan RMEUntuk meningkatkankemampuan Berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Nababan, S. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Siswa SD Negeri Aceh Barat. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Nababan, S. A. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Implementasi CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan Alat Peraga. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2).

Nababan, S. A. (2018). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN RME TERINTEGRASI ICT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PGSD. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2).

Nababan, S. A. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK SISWA SD NEGERI GUNONG KLENG. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2).

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., dan Arora, A. 2012. TIMMS 2011 International Result In Mathematics. Chestnut Hill: TIMSS & PIRLS International Study Cenler.

Prihandoko, A. C. (2005). Memahami Konsep Matematika Secara Benardan Menyajikannya dengan Menarik. Jember: Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.