Pembelajaran Sistem Persamaan Linier Dengan Dua Variabel Melalui Pendekatan Kontekstual Di SMP

Lili Idah Sufrah, Ahmad Sukri Nasution, Nurdalilah Nurdalilah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan desain LKPD di SMP Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dengan pendekatan kontekstual yang layak digunakan dalam proses pembelajaran, mengetahui kualitas LKPD berdasarkan penilaian ahli, 2 Dosen Matematika dan 3 Guru Matematika. Prosedur pengembangan dengan mengadaptasi Menurut Paidi, dalam metode EDDIE terdapat 5 tahapan pengembangan, yaitu Analysis-Design-Development-Implement-Evaluate. Karena keterbatasan waktu, maka tahapan penelitian pengembangan ini meliputi Analisis dan Perancangan. LKPD dikembangkan dengan memuat tujuh prinsip pendekatan kontekstual, yaitu Konstruktivisme, Asking, Investigating, Learning Society, Modeling, Reflecting, dan Actual Assessment. Produk ini dikembangkan melalui beberapa tahapan revisi berdasarkan masukan dari reviewer, peer reviewer, guru matematika. Kualitas LKPD SMP kelas VIII Materi sistem persamaan linear dua variabel dengan pendekatan kontekstual berdasarkan expert judgement berada pada kategori baik dengan persentase ideal sebesar 82,85%. dan sangat positif.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, SPLDV, Pendekatan Kontekstual, Pendekatan Kontekstual SPLDV. LKPD


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal. 2015. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Hamdani. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Jatmiko, N. W. 2017. Pembelajaran Sistem Persamaan Liner Dua Variabel Dengan CTL, Program Studi Tadris Matematika IAIN Tulanggung

Nasution. 2016. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Citra Aditya Bakti

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Paidi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY pres

Rubiyanto, N. 2019. Strategi Pembelajaran Holistik Di Sekolah. Prestasi Pusataka, Jakarta

Setiawati, D.; Syahputra, E.; & Rajagukguk, W. R. 2016. Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Siswa Antara Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bireun. Jurnal Paradikma. 6 (1).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Salirawati.2017. Penyusunan Dan Kegunaan Lks Pada Penyusunan Pembelajaran. Jogjakata: Universitas Negeri Yogyakarta

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Aflabeta.

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Aflabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.