PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP AL-BUKHORI MUSLIM

Anggi Narumondang Silalahi, Cut Latifah Azhari, Ramadhani Ramadhani

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa kelas VII SMP Al-Bukhori Muslim. Penelitian ini mengacu pada jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, sampel penelitian ini adalah kelas VII A dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode dokumentasi dan tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji kelayakan, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya dibelajarkan dengan model Problem Based Learning memiliki nilai rata-rata 67,67. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang paling baik adalah indikator pemahaman masalah yaitu 78,29, sedangkan nilai rata-rata terendah terdapat pada indikator melaksanakan perhitungan sebesar 48,68. Minat belajar matematika siswa diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan indikator kesukaan, minat, perhatian dan keterlibatan berada pada nilai tinggi. Model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Al-Bukhori Muslim. Model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap minat belajar matematika siswa kelas VII SMP Al-Bukhori Muslim

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Minat Belajar, PBM

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, M. 2009. Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Handayani, D. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Kelas VIII MTs.S Al-Washliyah Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Vol. 7, No.4 (April 2017).

Ahmadi, I.K., Sholeh, M., Maulana, F. 2009. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Wijaya, I.W., Lasmawan, I.W., Suastra, I.W. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Siswa Terhadap Pelajaran IPA Pada Siswa SD di Gugus IV Kecamatan Manggis, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 5 Tahun 2015, Hal: 1-8.

Abas, S. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Kubus Dan Balok (Suatu Penelitian Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Gorontalo). Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo, Skripsi , FMIPA, UNG

Arikunto, S. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: ANDI

Djaali. 2008. Skala Likert. Jakarta: Pustaka Utama.

Djamarah, S.B. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Duwi, P. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta : Gava Media

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Efendi, Z., Budiyanto., Silsia, D. 2007. Trind Pengajaran dan Pembelajaran Matematika Utusan Publication & Distributor SDN BHN. Kuala Lumpur : Print Ad Sdn Bhn

Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang : UNDIP.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-Isu Metodis dan Paragmatis). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jacob. 2010. Matematika Sebagai Pemecahan Masalah. Bandung : Setia Budi

Kemmis, S. & Mc. Taggart, R. 1993. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.

Khodijah, N. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Martono, N. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Rajawali Pers

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Mudlofir, A., dan Rusydiyah, E.V. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktek. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nata, A. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenamedia Group.

Ngalimun. 2012. Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta : Aswaja Pressindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.