ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Yessy Novalia, Dedy Juliandri Panjaitan, Nurdalilah Nurdalilah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar matematika pada pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini mengacu pada jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data sekunder adalah literatur, artikel, jurnal serta situs di internet yang berkenaan dengan penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Studi literatur sebagai teknik pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan cara menelusuri dokumen penting yang dianggap berkaitan dengan fokus penelitian. Teknik ini disebut juga studi kepustakaan. Uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif meliputi uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan studi literatur yang telah terkumpul dari hasil pembahasan keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berhasil dengan meningkatkan bahkan memberi penagaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan aktivitas berlajar siwa. Hasi penelitian beberapa artikel jurnal dan skripsi menjelaskan bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih baik diterapkan kepada siswa. Pemberlakuan model pembelajaran berbasis masalah yang tepat juga memberikan dampak yaitu meningkatkan pembelajaran matematika. Terbukti dari hasil perolehan nilai rata-rata mengalami peningkatan terhadap pembelajaran matematika. Model pembelajaran berbasis masalah menjadi model pembelajaran yang sangat memberikan manfaat penting terhadap pembelajaran matematika. Model pembelajaran berbasis masalah lebik mudah membuat siswa cepat memahami materi yang diberikan guru karena model pembelajaran berbasis masalah memotivasi siswa dalam pembelajaran. Dan model pembelajaran berbasis masalah membantu siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran dan mampu menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan.

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Berbasis Masalah 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ariandi, Y. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Maslaah berdasarkan Aktivitas Belajar pada Model Pembelajaran PBL. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016. 579-585.

Astria, A. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA dengan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pasundan. Bandung

Dewi, S., Maryani, I., dan Purwanto. 2020. Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VB SDIT LHI Melalui Mdel Problem Based Learning (PBL). Prosiding Pendidikan Profesi Guru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Hal:10-19

Dhema,M., dan Jufriansah, A. 2021. Aktivitas dan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning di SMK. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol.4, No.1, hal:39-44

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Erwin, S. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Strategi Problem Based Learning pada Kelas VIII C SMP Muhammadiyah 29 Sawangan Depok. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2, No.1, Juli 2016, 31-43

Fadillah, N. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Persamaan Linear dengan Strategi Pemebelajaran Berbasis Masalah Kelas X MAN Lima Puluh TP. 2017/2018. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.

Gunantara, G. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.2, No.1

Hamalik, O. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah, B. Dan Nurdin. 2013. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara

Harahap, I.H. 2017. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. REKOGNISI: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan. Vol.2, No.2, Desember 2017, 21-36

Hatono, A.B. 2018. Optimalisasi Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Bentuk Aljabar Melalui Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) bagi Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 9 Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dwija Utama. Vol.9, No.39, Mei 2018, 7-13

Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu. Vol.7, No.1, Juni 2017, 9-17

Huda, M. 2013.Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Indarwati, D., Wahyudi., dan Ratu, N. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pengembangan Kependidikan. Vol.30, No.1, hal:17-27.

Jatisunda, M.G., dan Nahdi, D.S. 2020. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Scaffolding. Jurnal Elemen. Vol.6, No.2, hal:228-243

Kamarullah. 2017. Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol.1, No.1, Juni 2017, 21-32

Tanjung, H. S. (2018). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1).

Kemendtrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud

Kusumawati, N.W. 2012. Peningkatan Kecakapan Matematika pada Materi Garis Singgung Lingkaran Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tanjung, H. S. (2018). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan Komunikasi matematik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui model pembelajaran kooperatif. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2).

Martin., Tandililing, E., dan Yani, A. 2018. Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Melalui Model Pemebelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol.7, No.1, 1-19

Mawaddah, S. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. Jurnal Universitas Lambung Mangkurat. Vol.3, No.2, Oktober 2015, 1-15

Mudlofir, A., dan Rusdiyah, E.F. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Mulyani, N.S., dan Sulistiani, F. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Minat Belajar Siswa SMA di Bandung Barat. Journal On Education. Vol.1, No.4, hal:634-643

Nadhifah, G., dan Afriansyah, E.D. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Jurnal Mosharafa. Vol.5, No.1, Januari 2016, 33-44

Tanjung, H. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Matematis Siswa SMA melalui Modelpembelajaran Berbasis Masalah. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Nata, A. 2012. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Novianti,E., Yuanita,P., dan Maimunah. 2020. Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JELMaR. Vol.1, No.1, hal:65-73

Pramesti, S.L.D., dan Rini, J. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Berdasarkan Strategi Polya pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hands On Activity. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. Vol.3, No.2, 223-236

Pramesti, S.L.D., dan Rini, J. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Berdasarkan Strategi Polya pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hands On Activity. Journal of Medives. Vol.3, No.2, hal:223-236

Pulungan, A.C. 2016. Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Langsung. Tesis. Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Medan.

Rahmania, I., Suryaman,M., dan Rikayanti. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matermatika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Romlah, T. 2014. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: UNM Press

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Ruhiat, dkk. 2014. Model Pembelajaran Efektif Bagi Guru Kreatif. Bandung: Gaza Publishing

Septiani, E.S., dan Nurhayati,E. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi. Hal:168-175

Setiawan, H., Handayani, T., dan Muslimahayati. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di MTs Ahliyah 1 Palembang. Suska Jurnal of Mathematics Education. Vol.7, No.1, hal:31-40

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudirman. 2019. Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa. JAMBURA: Economic Education Journal. Vol.1, No.2

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Syah, M. 2018. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Thobroni, M. 2014. Belajar dan Pembelajaran (Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Uno, H.B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukuranngan analisisi Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Wardhani, P.O. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.