PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MTs AL-WASHLIYAH PULAU GAMBAR T.P 2020/2021

Aida Afni, Desniarti Desniarti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Blended Learing terhadap pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MTs Al-Washliyah Pulau Gambar. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII dan sampel eksperimen 23 siswa sedangkan sampel kontrol 22 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematis dan angket motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Rata-rata pemahaman konsep matematis kelas eksperimen = 54,39 dan kelas kontrol = 51,15 dengan thitung = 4,227 dan ttabel = 1,679 atau 4,227 > 1,679 yang berarti Ha diterima dan rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen = 62,739 dan kelas kontrol = 61,773 dengan thitung = 11,923 dan ttabel = 1,679 atau 11,923 > 1,679 yang berarti Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh model pembelajaran Blended Learing terhadap pemahaman konsep matematis dan adanya pengaruh model pembelajaran Bleded Learning terhadap motivasi belajar siswa MTs Al-Washliyah Pulau Gambar.

 

Kata-kata kunci: Blended Learing, Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar, Siswa MTs


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alhadad, & F, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah, Dan Self-Estem Siswa SMP Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open-Ended. Bandung:Tidak Diterbitkan: Disertasi Sekolah Pascasarjana UPI.

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2016). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Bell, F. (2016). Teaching and Learning Mathematics (In Secondary Schools). Dubuque,Lowa:WM.C: Brown Company Publisher.

Cohen, D. (2016). Piaget: Critique and Reasessment. London: Croom Helm.

Desniarti, & Ramadani. (2019). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Terhadap Self Efficacy Dengan Penggunaan Geogebra. Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah (pp. 956-962). Medan : Prosiding Seminar Nasional & Expo II Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 2019.

Desniarti, & Ramadhani. (2019). Pengaruh Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Geometri Analitik Bidang. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 237-246.

Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). Jurnal Pendidikan Matematika, 59-66.

Hamalik, O. (2017). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, A. d. (2016). Perencanaan dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hasanah, F. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa . jakarta.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills Dan Soft Skills. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hima, L. R. (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN BAURAN (BLENDED LEARNING) TERHADAP MOTIVASI SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Husamah. (2016). Pembelajaran Bauran Blended Learning. Malang: Prestasi Pusaka.

I Gusti Putu Sudiarta, I. W. (2017). PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Jurnal Cerdika, 11-21.

I.M.K. Wijaya, G. S. (2016). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, 36-47.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berorientasi model pembelajaran berbasis masalah (pbm) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Kamaruddin, N. N. (2017). Relationship between Self-Directed Learnin, Motivation To learn, toward Learning Organization among Lecturers at A Selected Public University in Malaysia. International Journal of Education, 23-35.

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 777-785.

Madjid, A. (2018). Perencanaan Pembelajaran(Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). Jurnal Pendidikan Matematika, 76-85.

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).

Nababan, S. A., & Tanjung, H. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Sma Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

NABABAN, S. A., & TANJUNG, H. S. DEVELOPMENT OF LEARNING INSTRUMENT BASED ON REALISTIC MATHEMATICS APPROACH TO IMPROVE MATHEMATICAL DISPOSITION ABILITY.

Tanjung, H. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Siswa Sma Negeri 6 Padangsidimpuan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Berbantuan Autograph (Doctoral dissertation, UNIMED).

Nastiti, D. W. (2016). Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Materi Relasi dan Fungsi. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1-10.

Ramadani, & Yanti, J. H. (2019). Pengaruh Pengunaan Aplikasi SPSS Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah (pp. 476-483). Medan: Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah.

RI, K. A. (2015). Al-Qur'an dan Tafsirnya jilid 8. Jakarta: Widya Cahya.

Sadirman, A. (2015). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Setyaningrum, V. F., Hendikawati, P., & Nugroho, S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. PRISMA, 810-813.

Slameto. (2018). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2014). Penilaian Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2015). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, & Susanto. (2015). Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Bandung: CV.Alfabeta.

Sukmawarti. (2016). Evaluasi Proses Dan Hasil Pembelajaran Matematika. Medan: Tidak Diterbitkan.

Suparno, P. (2017). Filsafat Konstruktivisme dala Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Vygotsky, L. (2017). Mind in Society (The Development of Higher Psyclogicals Processes). USA: The President and Fellow of Harvard College.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.